Mengenal Sindrom Blue Monday

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Jika kamu bangun tidur di hari Senin dengan tidak bersemangat atau kehilangan gairah, bisa saja kamu terserang sindrom Blue Monday. Wah, apa itu sindrom Blue Monday?

Blue Monday adalah istilah yang dipakai masyarakat Inggris untuk hari Senin yang jatuh pada minggu ketiga di bulan Januari. Istilah ini dibuat oleh salah satu perusahaan perjalanan di Inggris Sky Travel pada tahun 2005 silam. Sindrom ini sendiri membuat banyak orang Inggris merasa malas dan juga depresi ketika bangun pagi di hari Senin.

Bukan tanpa alasan, biasanya pada hari Senin minggu ketiga bulan Januari mereka memiliki tagihan hutang yang tinggi setelah menggelar pesta natal.

Seperti dikutip dari LeoVegas.com, sebanyak 87 persen orang Inggris mengatakan bahwa cuaca merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perubahan mood mereka di pagi hari. Cuaca mendung cenderung membuat seseorang malas untuk bangun di pagi hari. Selain itu, 61 persen orang merasa depresi ketika dalam perjalanan menuju kantor mereka.

Bagi kebanyakan orang Inggris, Januari juga merupakan bulan dimana mereka sering merasakan kesepian. Dalam penelitian Co-op, sekitar 26 persen responden mengatakan bahwa pada bulan Januari mereka merasa sangat terisolasi.

Di Inggris sendiri istilah I hate Monday atau Blue Monday sudah tidak asing lagi. Alasannya adalah karena kebanyakan orang Inggris tidak memiliki semangat untuk memulai hari Senin setelah ber-akhir pekan.

Kendati demikian, benci akan hari Senin tidak selalu berlaku pada minggu ketiga Januari saja. Seperti dilansir Tech.co, beberapa alasan orang membenci hari Senin pada umumnya adalah pergantian hari Minggu yang terlalu cepat, perubahan jam tidur, kebutuhan bersosialisasi, dan sebagainya.

Bagaimana dengan kamu, Ultimates? Jangan mau terkena sindrom Blue Monday, ya!

 

Reporter : Natalia Setiawan

Editor : Alif Gusti Mahardika

Sumber : cnnindonesia.com

Foto : i.telegraph.co.uk