Kembalinya Marwah Film Fantasi, “The Shape of Water” Raih Film Terbaik di Academy Awards 2018

Para kru dan pemain yang tergabung dalam film "The Shape of Water" besutan sutradara asal Meksiko Guillermo del Toro, pada penerimaan penghargaan film terbaik di ajang Academy Awards, Minggu (04/03/18) malam.
Share:

LOS ANGELES, ULTIMAGZ.com  Film bergenre fantasi, The Shape of Water, meraih penghargaan film terbaik dalam acara The Oscars 2018 yang puncak acaranya digelar di Dolby Theater, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (04/03/18) malam.

The Shape of Water menjadi film fantasi pertama dalam 15 tahun terakhir yang meraih penghargaan utama Best Picture dalam ajang prestisius Academy Awards usai The Lord of the Rings: The Returns of the King berhasil menyabetnya pada tahun 2003.

Film yang juga dibintangi aktor senior Richard Jenkins ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Elisa, diperankan oleh Sally Hawkins, yang bekerja sebagai cleaning service di perusahaan riset ternama Amerika Serikat. Cerita berfokus pada Elisa dan sang monster bawah laut yang membuatnya jatuh cinta.

Selain menjadi ‘raja’ setelah masuk dalam 13 nominasi, film yang dibintangi aktris Sally Hawkins ini turut memboyong empat piala Oscar lain untuk kategori Best Production Design (Paul D. Austerberry, Shane Vieau, dan Jeffrey A. Melvin), Best Original Score (Alexandre Desplat), Best Picture, dan Best Director (Guillermo del Toro).

“Terima kasih. Saya adalah imigran,” buka Guillermo saat memenangkan piala Oscar untuk Sutradara Terbaik. “Seperti kalian, banyak di antara kalian (yang juga imigran).”

Sutradara kelahiran Meksiko itu juga menyebutkan bahwa dirinya sudah 25 tahun berkarier sebagai sutradara, penulis, sekaligus produser film. Pun, penghargaan ini menjadi puncak kariernya usai film pertamanya lolos ke ajang Oscar tahun 2007, Pan’s Labyrinth.

Dengan begitu, The Shape of Water telah mengembalikan marwah film fantasi sebagai film terbaik di Academy Awards 2018 yang tak lepas berkat keringat dan ide yang didalangi sutradara berusia 53 tahun itu.

Kemenangan film berdurasi 123 menit ini telah berhasil menepis delapan nominasi film terbaik lainnya, yakni Call Me by Your NameDarkest HourDunkirkLady BirdThe PostPhantom ThreadGet Out, dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri.

Meski gagal membawa pulang kemenangan di kategori skenario asli terbaik yang dimenangkan oleh Jordan Peele (Get Out), para kru dan pemain tetap berbangga hati karena film ini telah menjadi ‘raja’ dengan perolehan piala terbanyak di malam puncak The Oscars 2018.

Ancangan yang diberikan oleh pihak distributor film 20th Century Fox Indonesia lewat akun Instagram resminya (@20thcenturyfoxid).

Di Indonesia sendiri pihak Fox telah memberikan ancangan bahwa The Shape of Water akan tayang di bioskop tanah air, namun belum ada kepastian lebih lanjut mengenai tanggal rilisnya.

 

Penulis: Felix

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Sumber: IMDB.com, NY Times, Oscars.org, Indiewire.com, Lembaga Sensor Film (lsf.go.id)

Foto: RTE, Instagram (@20thcenturyfoxid)