Bondan Winarno ‘Maknyuss’ Tutup Usia Karena Gagal Jantung

Bondan Winarno, presenter kuliner yang terkenal dengan istilah 'maknyuss;' wafat pada Rabu (29/11/17). karena gagal jantung.
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Seorang penulis dan presenter kuliner ternama yang eksis dengan istilah ‘maknyuss’, Bondan Haryo Winarno, wafat pada Rabu (29/11/17) pagi. Beliau tutup usia di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, pada usia 67 tahun karena gagal jantung. 

“Benar, meninggal karena gagal jantung seperti tertulis di sertifikat medis penyebab kematian,” kata Anwar selaku Humas RS Harapan Kita.

Berdasarkan penjelasan Anwar, Bondan sempat menjalani pemeriksaan kesehatan di Malaysia. Namun, akhirnya ia memilih RS Harapan Kita untuk menjalani operasi jantung sebanyak dua kali pada tahun ini. Operasi pertamanya dilakukan pada September 2017.

“Operasi pertama sekitar bulan September lalu. Kemudian selesai, dipulangkan,” terang Anwar.

Pekan lalu, Bondan kembali lagi ke rumah sakit pada Kamis (23/11/17) untuk melakukan operasi yang kedua kalinya.

“Masuk lagi November, sekitar minggu lalu dioperasi jantung,” tambahnya.

Pada operasi kedua, dokter menemukan adanya infeksi bakteri endokarditis infektif atau endocarditis bacterial yang merupakan infeksi lapisan dalam jantung yang disebabkan oleh invasi langsung bakteri atau organisme lain. Keterangan tentang infeksi pada jantung itu tertulis dalam sertifikat medis sebagai penyebab kematian pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, tersebut. Bakteri ini menyebabkan abses myocardium (otot jantung) dan gagal jantung. 

Menurut keterangan Anwar, sesudah menjalani operasi jantung, Bondan menjalani perawatan di ICU.

“Sempat dirawat di ICU, kemudian hari ini meninggal dunia,” ucapnya. 

Anak kedua Bondan Elisio Raket juga mengungkapkan pesan terakhir ayahnya sebelum meninggal di Rumah Sakit Harapan Kita. “Pak Bondan, sesuai keinginan dia, dia ingin dikremasi (jenazahnya),” ucap Elisio.

Sebelum dikremasikan, jenazah Bondan akan disemayamkan di rumah duka yang terletak di Sentul City, Bogor, Jawa Barat.

Berita duka meninggalnya presenter program kuliner salah satu televisi swasta Indonesia ini membuat keluarga yang ditinggalkan kebanjiran ucapan belasungkawa, salah satunya berasal dari Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

“Semasa hidupnya, beliau selalu memperjuangkan keunikan dan kelezatan masakan-masakan khas Indonesia. Kami mendoakan semoga Mas Bondan senantiasa khusnul khotimah dan semua dosanya dapat diampuni,” tutur Hendi.

Tak luput, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan turut mengucapkan belasungkawanya. “Innalillahi wa innailahi rajiuun. Telah berpulang ke Rahmatullah, Pak Bondan Winarno. Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan mendapat ketabahan,” cuit Anies melalui akun Twitternya, @aniesbaswedan.

Penulis : Theresia Amadea

Editor : Geofanni Nerissa Arviana

Foto : cnnindonesia.com

Sumber : tribunnews.com, beritasatu.com, news.detik.com, nasional.kompas.com, news.liputan6.com, thejakartapost.com

  • Gilang Fajar Septian

    hai