Cara Ampuh Mencegah Kerusakan Rambut yang Diwarnai

Rambut berwarna butuh perawatan ekstra agar tetap berkilau.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Rambut yang sehat nan indah tak jarang jadi ‘goals’ anak muda masa kini. Namun, kebiasaan mengubah tatanan rambut seperti pewarnaan atau catok seringkali tak diimbangi dengan perawatan maksimal. Hasilnya, rambut menjadi kering dan rusak. Berikut tips agar rambut tetap sehat dan tampil memukau versi Ultimagz.

 

Buah-buahan sebagai Masker

Bahan-bahan alami memiliki kandungan yang natural untuk sel-sel pada rambut. Selain mudah didapat, menggunakan bahan alami secara teratur dapat mengatasi kerusakan rambut. Sebut saja campuran perasan lemon dan madu yang cukup efektif memperbaiki rambut kering. Campurkan kedua bahan masing-masing sebanyak dua sendok makan hingga rata. Setelah dioleskan pada rambut, tutup dengan handuk atau penutup rambut lalu diamkan selama 40 menit. Kemudian bilas rambut dengan air sampai bersih.

Ultimates dapat menggunakan bahan-bahan lainnya untuk mendapatkan warna berkilau nan sehat, salah satunya perpaduan buah alpukat, madu, dan minyak zaitun. Caranya, siapkan satu buah alpukat matang, satu sendok madu, serta dua sendok makan minyak zaitun. Setelah itu Ultimates dapat mengulangi langkah-langkah di atas. Menurut salah satu penata rambut di Pierre Michel Salon, New York, Stephen Sanna, kandungan asam lemak, vitamin, dan mineral pada alpukat dapat membantu memberikan kilau pada rambut.

 

Perhatikan Teknik Blow Dry dan Catok

Hindari mengeringkan rambut yang masih basah dengan alat pengering. Biarkan rambut sampai benar-benar kering, baru kemudian di-blow dry. Melakukan blow saat rambut dalam kondisi belum kering sempurna dapat membuat rambut menjadi lebih rapuh.

Suhu saat menggunakan catokan pada rambut yang diwarnai juga perlu diperhatikan. Sebaiknya, suhu saat menyatok tidak melebihi 150 derajat celsius. Sebab,  menggunakan catokan dengan suhu tinggi akan memudarkan warna pada rambut.

 

Jaga Nutrisi

Rambut kusam merupakan tanda kurangnya nutrisi. Banyak bahan makanan bergizi yang cocok untuk menutrisi rambut, seperti kacang-kacangan yang mengandung asam lemak omega 3, sayur dan buah seperti wortel, alpukat, dan ubi yang kaya akan vitamin A, B, dan E, serta mengonsumsi air mineral secara teratur. Selain mencegah dehidrasi, minum air mineral juga akan menutrisi rambut.

 

Penulis: Nabila Ulfa Jayanti

Editor: Ivan Jonathan

Foto: Allkpop.com

Sumber: deherba.com, santinorice.com, tipkecantikan.com, hariangadis.com, okezone.com