Christine Hakim: Pernikahan Kartini Bukan Kekalahan

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Untuk memperingati hari Kartini pada tanggal 21 April nanti, Legacy Pictures Screenplay Films akan merilis sebuah film biografi mengenai R. A. Kartini. Film ini merupakan film ketiga setelah R. A. Kartini (1984) dan Surat Cinta Untuk Kartini (2016) yang mengangkat tokoh pejuang emansipasi wanita terebut.

“Kartini pahlawan emansipasi wanita. Sebagaian masyarakat mengganggap Kartini gagal menggapai mimpinya karena menikah. Tidak cukup mewakili perjuangan wanita. Tapi saya melihat ada dimensi perjuangan berbeda,” ucap Christine Hakim dilansir dari bintang.com.

Christine yang berperan sebagai M. A. Ngasirah, ibu dari Kartini merasa beruntung dengan karakter yang diperankannya. Ia menjelaskan bahwa dirinya dapat mengenal lebih jauh sosok Kartini melalui peran ini.

Sebagian orang mengganggap Kartini gagal dalam memperjuangkan emansipasi wanita setelah memutuskan untuk menikah. Namun, Christine mengaku persepsinya berubah setelah memainkan tokoh ibu kandung Kartini.

“Ia (Kartini) memilih tetap tinggal di tanah kelahirannya, bukan kekalahan, tapi itu pilihan. Satu keputusan berat, tapi Kartini tetap ingin maju bersama dengan kaumnya tanpa meninggalkan akar budayanya,” ujarnya dilansir dari kompas.com.

Sosok Kartini sendiri akan diperankan oleh Dian Sastrowardoyo. Ada pula pemain lain seperti, Deddy Sutomo, Christine Hakim, Djenar Maesa Ayu, dan Acha Septriasa.

Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini sebelumnya ditargetkan untuk rilis pada April 2016. Namun, karena ada penundaan pada proses syuting, akhirnya film ini akan dirilis pada tanggal 19 April mendatang.

Penulis: Monique Oktaviannie

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: bintang.com

Sumber: bintang.com, kompas.com