“Dilan 1990” akan Hadirkan Versi Khusus untuk Penyandang Tuli

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com Suksesnya penayangan film Dilan 1990 membuat banyak orang penasaran dengan film yang disutradarai oleh Fajar Bustomi ini. Oleh karena itu, film berdurasi 1 jam 50 menit tersebut akan kembali hadir dengan versi yang dikhususkan untuk para penyandang tuli. 

“Kami dapat banyak banget mention dari teman kita yang tunarungu, orang tuli, pada mau nonton Dilan 1990, minta dibuatkan subtitle (bahasa Indonesia). Sekarang lagi dibuatkan. Semoga minggu depan selesai. Biar mereka juga bisa nonton karena, excitement mereka luar biasa,” ujar Produser Eksekutif Falcon Pictures Frederica dalam wawancara dengan Kompas.com di kawasan Karang Tengah, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (07/03/18)

Dalam edisi khususnya, film yang diadaptasi dari novel dengan judul Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq ini akan ditayangkan dengan teks Bahasa Indonesia supaya para penyandang tuli juga dapat menikmati dan memahami isi dari Dilan 1990.

“Jadi nanti akan ada special screening-nya dan nanti kan ada koordinatornya. Mungkin ada sekian orang gitu nanti akan kita fasilitasi untuk mereka nonton Dilan 1990,” lanjut Frederica.

Sebagai rumah produksi, Falcon tidak hanya memberi fasilitas terhadap penyandang tuli saja melainkan penyandang disabilitas lainnya.

“Biasanya kita akan support kalau ada yang minta, kita pasti fasilitasi. Senang aja melihat mereka tertawa gitu,” kata Frederica.

Dilan 1990 sendiri bercerita tentang Dilan (Iqbaal Ramadhan), seorang pelajar SMA di kota Bandung yang memiliki kekasih bernama Milea (Vanesha Prescilla). Meskipun merupakan anggota geng motor dan dikenal sebagai badboy, namun gombalan Dilan mampu menarik perhatian Milea serta membekas di ingatan penonton film ini.

Film yang tayang secara perdana pada 25 Januari 2018 ini berhasil meraih 6.276.000 penonton, terhitung sampai 9 Maret 2018. Jumlah tersebut menjadikan Dilan 1990 sebagai salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa.

 

Penulis : Agatha Lintang

Editor : Gilang Fajar Septian

Sumber : Kompas.com, Hai.grid.id, Tempo.co

Foto : Bisnis.co.id