Hati-Hati, Kolesterol Tinggi Bisa Tidak Bertanda-tanda

Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com — Spesialis penyakit jantung dan kardiologi Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Djoko Maryono mengingatkan kadar tinggi kolesterol jahat yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung koroner tak menimbulkan tanda-tanda awal bagi penderitanya.

“Kadar kolesterol (jahat) yang tinggi tak bisa dirasakan tetapi harus diperiksa,” ujar Djoko dalam peluncuran kampanye “Kebiasaan Baru Turunkan Kolesterol“, Jakarta, Rabu (16/9).

Ia menyarankan agar masyarakat rutin melakukan pemeriksaan kolesterol setiap tahunnya, terutama bagi mereka yang telah berusia di atas 25 tahun.

“Periksa dua kali setahun setelah usia 25 tahun. Dulu disarankan setelah usia 40 tahun, tetapi kenyatan menunjukkan saat ini potensi serangan jantung ada pada orang-orang di usia 30 tahunan,” tambahnya.

Kolesterol jahat bisa masuk ke penyerapan darah karena makanan yang kita konsumsi. Kolesterol ini bisa menumpuk dan mengeras, dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan aterosklesis.

Nah, Ultimate! Yuk jaga kolesterol kita dengan mulai mengonsumsi makanan-makanan sehat. Dan jangan lupa untuk rutin memeriksa kadar kolesterol kita ya!

Reporter: Agung Mustika
Editor: Ghina Ghaliya
Sumber: www.tempo.co