Ingin Berat Badan Ideal? Coba Makan di Tempat Terang!

Pencahayaan di ruang makan dengan pilihan menu makan, apa hubungannya?
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Niat untuk menjaga tubuh agar dapat mencapai berat badan ideal seringkali dipenuhi berbagai rintangan. Salah satunya adalah menjaga menu makanan agar tetap sehat. Pasalnya, menu makanan yang tidak sehat kebanyakan memang lebih menggiurkan, seperti memilih antara aneka gorengan yang penuh rasa dengan sayuran rebus yang kerap tak berasa.

Namun rupanya, kecenderungan pilihan makan tersebut dapat dipengaruhi oleh pencahayaan dalam ruangan, lho.

Sebelumnya, sebuah studi mengungkapkan bahwa makan di tempat gelap atau remang-remang akan membuat porsi makan lebih sedikit. Namun rupanya, ada yang terlewat dari studi itu, yakni jenis makanan yang disantap dalam ruangan minim cahaya. Mereka yang bersantap di ruangan dengan pencahayaan seadanya ternyata cenderung untuk memilih makanan yang tidak sehat.

Sebuah studi terbaru dari University of South Florida menyebutkan bahwa 16 hingga 24 persen orang lebih memilih menu makanan sehat saat berada di ruangan yang terang. Hal ini dikarenakan tingkat kesadaran manusia lebih terjaga di ruangan yang terang, sehingga mereka yang sedang menjalani program diet akan tetap mempertahankan menu makanan yang sehat.

Penelitian ini melibatkan 160 restoran, mulai dari restoran makan malam hingga cepat saji. Hasilnya, hampir setengah dari pengujung restoran yang duduk di bawah lampu atau di sebelah jendela akan memesan menu sehat dan rendah kalori. Hidangan penutup yang dipilih juga hidangan yang tidak terlalu manis atau berlemak.

Sebaliknya, sebanyak 39 persen pengunjung restoran yang penerangannya cenderung minim, lebih banyak mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi.

Jadi, jangan lupa untuk sesuaikan kondisi ruang makan yang baik untuk mendukung kalian mencapai target berat badan ideal, ya Ultimates!

Penuis : Monica Devi Kristiadi
Editor : Alif Gusti Mahardika
Sumber : dailymail.co.uk, female.kompas.com