Ingin Coba Skin Care? Hindari 5 Kandungan Ini

Share:

SERPONG,ULTIMAGZ.com – Kulit wajah berjerawat merupakan momok tersendiri bagi sebagian orang. Selain harus menjalani pengobatan yang harganya bisa selangit, orang-orang yang memiliki jerawat juga harus lebih teliti dalam memilih kosmetik agar jerawat yang ada di wajah tidak semakin parah.

Walaupun terkadang brand-brand kosmetik mengatakan bahwa produknya tidak akan menyebabkan jerawat atau menambah jerawat yang ada, namun sebagai konsumen kita juga harus memperhatikan komposisi yang ada dalam produk tersebut. 

Kira-kira apa saja komposisi produk kosmetik yang bisa menyebabkan dan memperparah musuh setiap orang ini? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Sodium Lauryl Sulfate

Sodium lauryl sulfate (SLS) biasa ditemui dalam produk pembersih, termasuk sabun cuci muka. SLS berguna untuk menghasilkan busa yang melimpah dan membuat wajah terasa bersih kesat. Jika digunakan dalam jangka panjang, produk pembersih wajah yang mengandung SLS bisa menyebabkan kemerahan, iritasi dan diikuti oleh breakout pada wajah. Jadi, jangan heran jika jerawat tidak kunjung berkurang atau sembuh.

  1. Parfum

Di era sekarang, banyak sekali dijumpai kosmetik yang berbau harum dan membuat kita tak jarang tertarik untuk membelinya. Namun, jangan salah, justru kosmetik yang mengandung wewangian ini yang berbahaya karena mengandung parfum, apalagi jika digunakan di kulit sensitif dan berjerawat.

Kalau kulit menjadi gatal setelah pemakaian kosmetik yang mengandung parfum, lebih baik segera hentikan pemakaian dan cari kosmetik atau produk perawatan yang tidak memiliki kandungan parfum di dalamnya.

  1. Alkohol

Alkohol memang bisa menghilangkan minyak berlebih dari kulit. Tapi, alkohol juga menghilangkan sebum alami sehingga kulit memproduksi lebih banyak minyak untuk melembabkan wajah. Alhasil, wajah pun jadi makin berminyak dan bakteri akan mudah masuk ke kulit. Lebih baik, gunakan micellar water untuk membersihkan wajah.

  1. Mineral oil

Walaupun sedang populer karena bisa melembabkan dan memberi nutrisi untuk kulit, namun perawatan kulit berbahan dasar minyak ini perlu diperhatikan lagi. Karena tidak semua minyak cocok untuk kulitmu yang berjerawat.

  1. Silikon

Fungsi silikon dalam produk perawatan kulit adalah mempercepat proses penyerapan. Biasa ditemukan dalam produk foundation dan primer dengan nama Dimethicone, silikon bisa membuat kulit terasa lebih lembut dan ringan saat awal pengaplikasian. Namun, kecepatan penyerapannya juga yang menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Jika tidak membersihkan wajah setelah penggunaan primer dan foundation, maka hal ini bisa memunculkan jerawat.

Penulis: Stefanny

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Istock.com

Sumber: Detik.com, Fimela.com