Ini Cara Pembuatan Permen Menjijikkan Ala Jelly Belly Bean

Share:

NEW YORK, ULTIMAGZ.com – Apa reaksi Anda jika memakan permen yang terasa seperti muntah, kentut, hingga makanan anjing? Rasa aneh tersebut dapat kita temukan saat memakan permen Jelly Belly Bean. Lalu, dari manakah rasa aneh itu berasal dan bagaimana cara pembuatannya?

Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat jelly bean dan mengkonversinya dengan target objek yang ingin ditambahkan menjadi rasanya. Caranya adalah dengan membuatnya menguap dalam oven, hingga susunan kimiawi dari uap tersebut dikonversi kembali untuk dibuat rasanya.

Sebagai contoh, untuk membuat permen dengan rasa seperti kaus kaki yang bau maka ilmuwan spesialis rasa akan melakukan proses yang bernama kromatografi gas.

“Ilmuwan tersebut mendiamkan kaos kakinya sendiri dalam kantong plastik yang tertutup selama beberapa minggu,” ujar Jana Sanders Perry, juru bicara Jelly Belly.

Tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pengujian dan penyesuaian rasa berdasarkan respon dari pemilik perusahaannya. Beberapa dari mereka dibesarkan di peternakan, sehingga sudah terbiasa dengan rasa dan bau telur busuk.

“Pendiri Jelly Belly, Herm Brasher, dan anaknya, Lisa Brasher yang sekarang menjadi pemimpin, memberi masukan untuk menambah rasanya. Mereka tahu benar bau dari telur busuk yang pecah di tangan mereka,” jelas Perry.

Pada awal penemuannya, bau uap yang dihasilkan dalam proses tersebut sangatlah menyengat. Baunya sampai-sampai meresap ke pakaian yang dikenakan ilmuwan dan tak hilang juga meski sudah di-laundry.

“Hanya saat itu saja saya mendengar sebuah rasa bisa menyebabkan kekacauan seperti itu. Ilmuwan akhirnya menyempurnakan rasanya hingga tidak sekuat itu,” kata Perry.

Meski telah menciptakan permen dengan banyak rasa yang tidak enak, Perry menyebutkan bahwa ada beberapa rasa yang justru muncul dari eksperimennya ketika menciptakan rasa yang enak. Rasa pizza keju yang dirasa enak justru sudah berkali-kali dicoba dan tak lagi diteruskan karena penguji menyebutkan rasa tersebut terlalu tidak cocok untuk lidah.

“Rasa muntah justru lahir dari upaya sederhana untuk membuat jelly bean rasa pizza,” ujar Perry.

Pada 19 Januari silam, perusahaan permen dan permainan asal Amerika Serikat ini meluncurkan rasa baru yaitu ikan mati dan susu basi. Ketua pemasaran Jelly Belly mengatakan bahwa kriteria yang mereka terapkan dalam menciptakan rasa adalah adanya faktor banyolannya.

“Rasanya harus menjijikan! Semua orang pasti pernah menuang susu kemasan yang sudah expired, dan kau pasti bisa membayangkan bagaimana rasa ikan busuk jika mencium baunya yang menyengat,” jelasnya.

Sejauh ini Perusahaan Jelly Belly Bean telah membuat lebih dari seratus rasa dalam permen jelinya. Yucksss! rasa mana yang paling membuatmu jijik? Berani mencobanya, Ultimates?

Penulis: Agustina Selviana
Editor: Annisa Meidiana
Sumer: mentalfloss.com, standard.co.uk
Foto: Huffingtonpost

  • Hamba ALLAH

    Itu beneran atau bohongan???