Jakarta Creative Hub, Wadah Pengembangan Bisnis Kreatif di Jakarta

Jakarta Creative Hub yang berlokasi di Gedung Graha Niaga Thamrin, Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat telah diresmikan oleh Gubernur Pertahana DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pada Rabu (01/03/2017). Tempat ini disediakan oleh Pemprov DKI Jakarta dalam rangka mengembangkan kreativitas anak muda dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (Sumber foto: harpersbazaar.co.id)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Berawal dari banyaknya keluhan dari para pengusaha muda, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, atau yang akrab disapa Ahok, meresmikan Jakarta Creative Hub pada Rabu (01/03/2017). Pusat industri kreatif ini nantinya akan menjadi wadah bagi anak muda yang mau membuka usaha untuk berkreasi.

Berlokasi di Gedung Graha Niaga Thamrin, Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jakarta Creative Hub dilengkapi dengan fasilitas dan prasarana kreatif dengan luas 1500 meter persegi. Jakarta Creative Hub memiliki 12 ruangan yang bisa disewa dengan harga mulai dari Rp 3 juta per bulan. Terdapat pula beberapa ruangan penunjang seperti ruang pelatihan, bengkel kerja, perpustakaan, laboratorium komputer, dan ruang belajar. Sebanyak 35 alat yang disubsidi Pemprov DKI Jakarta juga dapat digunakan secara cuma-cuma. Ada mesin jahit, mesin potong besar, mesin gerber, mesin untuk kulit, kayu, logam, dan lainnya.

“Tempat ini tempat les atau tempat kursus saja lah gampangnya. Pengusaha kan kadang ada masalah, pertama masalah ide, habis itu masalah kantor. Di sini ada kantor, kita subsidi, tempatnya boleh numpang alamat kantor, pemasaran kita bantu. Kita siapkan modal 80-20. Setelah kurangin biaya semua, yang punya ide dapat 80 persen, kita pemerintah 20 persen. 20 persen itu buat berkesinambungannya tempat ini. Nanti orang yang jujur, kreatif bisa jadi orang kaya di sini,” kata Ahok dalam sambutannya seperti dikutip detik.com.

Selain menjadi wadah bagi anak muda mengembangkan bisnisnya, Jakarta Creative Hub juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Jakarta dan sekitarnya.

Berbagai program dan pelatihan untuk pengembangan entrepreneurship nantinya akan diadakan di Jakarta Creative Hub. Para pakar industri kreatif Indonesia juga diharapkan dapat turut berkontribusi sebagai pengajar, pendamping, dan kurator di tempat ini.

Jakarta Creative Hub rencananya akan mulai dibuka pada April 2017. Tempat tersebut akan buka mulai pukul 10.00 hingga 21.00 WIB dan dilengkapi dengan kafe dan penyejuk ruangan (AC).

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Sumber: liputan6.com, tempo.co, detik.com, kompas.com

Foto: harpersbazaar.co.id