Kenali Manfaat Kecantikan “Aloe Vera Soothing Gel”

Irisan lidah buaya. (Territorioinformativo.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Sudah sejak dulu, aloe vera atau yang lebih dikenal sebagai lidah buaya dipercaya memiliki banyak manfaat. Saat ini, lidah buaya sedang naik daun karena khasiatnya bagi kecantikan, salah satunya lewat olahan gel kecantikan serbaguna yang biasa disebut Soothing Gel.

Lidah buaya memiliki kandungan air hingga 99.20% pada daging dan lendirnya, ditambah sisa kandungan berupa padatan yang terdiri dari karbohidrat, yaitu mono dan polisakarida, vitamin A, vitamin C, serta zat besi. Dari kandungan alaminya itu, terdapat beberapa kegunaan dari olahan soothing gel lidah buaya, seperti: 

1. Mencerahkan Kulit

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam lidah buaya terbilang cukup besar. Vitamin C berfungsi untuk membantu mencerahkan kulit tubuh maupun wajah. Maka dari itu, aloe vera soothing gel baik digunakan sebagai masker wajah. Cukup oleskan gel pada wajah secara merata, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit hingga masker mengering. Kemudian basuh dengan air hangat untuk hasil yang lebih maksimal. Sensasi dingin pada wajah bisa didapatkan dengan memasukkan aloe vera soothing gel ke dalam kulkas terlebih dahulu.

2. Melembabkan Kulit
Terkadang kulit wajah maupun tubuh kita seringkali kering karena terkena paparan sinar matahari yang berlebihan. Masalah kulit tersebut dapat diatasi dengan aloe vera soothing gel. Kandungan 99.20% air pada lidah buaya dapat melembabkan kulit yang kering dan pecah-pecah. Cukup oleskan gel pada daerah kulit yang kering minimal seusai mandi dan sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Melebatkan Rambut

Tak hanya untuk wajah dan tubuh, aloe vera soothing gel juga dapat digunakan untuk rambut kepala, alis, dan bulu mata. Gunakan seminggu dua kali untuk rambut, dan sehari 2-3 kali untuk alis dan bulu mata. Alhasil rambut akan menjadi lebat dan kuat, begitu juga dengan alis dan bulu mata.

4. Menyamarkan Bekas Luka dan Jerawat

Dengan kandungan mineral, vitamin C, dan zat besi aloe vera soothing gel dapat menyamarkan bekas luka bakar dan bekas jerawat. Seperti yang diketahui, luka bakar dan bekas jerawat sangat sulit untuk hilang. Namun, kandungan-kandungan tersebut dapat mempercepat penghilangan bekas luka dan bekas jerawat. Cukup oleskan gel secara rutin di bagian luka.

5. Make-up Base

Ketika perempuan menggunakan makeup, seringkali makeup terlihat ‘cakey’ karena foundation tidak menyatu dengan kulit yang kering. Aloe vera soothing gel yang memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi sehingga cocok untuk digunakan sebagai makeup base atau ‘alas’ makeup. Ratakan gel secara moderat pada wajah, tunggu hingga kering, lalu mulailah menggunakan makeup.

6. Anti Iritasi Ketika Mencukur

Seringkali pria dan wanita mengalami lecet usai mencukur. Lecet terjadi karena kulit yang kering bergesekkan dengan silet yang tajam. Lecet menyebabkan ruam pada kulit yang memberi celah bakteri untuk masuk dan mengakibatkan iritasi kulit. Aloe vera soothing gel bisa digunakan untuk mencegah iritasi kulit karena mencukur. Ratakan gel pada wilayah yang ingin dicukur agar proses pencukuran lebih licin, dan gunakan lagi seusai mencukur.

 

Penulis : Theresia Bella Callista

Editor : Gilang Fajar Septian

Sumber foto : Territorioinformativo.com

sumber artikel : Nangimam.com, Permathic.blogspot.co.id