Kota Tangerang Mulai Terapkan Sistem Traffic Public Announcement

Salah satu pantauan kamera CCTV yang merupakan bagian dari Area Traffic Control System (ATCS) di kota Tangerang.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Guna menyelesaikan masalah pengendara yang tak tertib aturan, Tangerang mulai terapkan Traffic Public Announcement (TPA) atau CCTV bersuara. Sistem ini mulai diterapkan sejak pertengahan September 2017 dan telah terpasang di empat simpang kota Tangerang.

TPA yang memungkinkan petugas untuk menegur pengendara yang tidak tertib ini sendiri merupakan bagian dari Sistem Kendali Lalu lintas Kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS). Dari 33 ATCS yang ada hingga saat ini, Pemkot Tangerang baru menerapkan TPA di Simpang Tanah Tinggi, Simpang Puspem Timur, Simpang TMP Taruna, dan Simpang Benteng Betawi.

Sebelumnya, Walikota Tangerang Arief R. Wismansyah juga telah mencoba TPA di Command Center Dishub Kota Tangerang. Dirinya memberi imbauan kepada pengendara yang melewati garis batas zebra cross.

“Bapak yang pakai baju merah, silakan mundur sedikit ke belakang, agar tidak menghalangi pejalan kaki yang melintas, mari kita biasakan berlaku tertib,” ujar Arief menirukan imbauan tersebut, dikutip dari kabar-banten.com

ATCS sendiri merupakan sistem pengendalian lalu lintas yang memanfaatkan teknologi informasi yang bertujuan mengoptimalkan kinerja jaringan jalan dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas di setiap persimpangan.. Melalui sistem ini durasi lampu lalu lintas dapat diatur oleh petugas di ruang pusat kendali karena sistem ini memberi informasi kondisi lalu lintas dan alternatif lintasan. Sistem ini juga menyediakan rekaman data lalu lintas seperti contohnya kecelakaan di persimpangan. Selain itu ATCS memberikan prioritas lampu lintas di persimpangan pada kendaraan yang memiliki prioritas seperti ambulans atau pemadam kebakaran.

TPA yang diterapkan di Tangerang tak lama setelah peringatan Hari Perhubungan Nasional ini juga mulai banyak diterapkan di daerah-daerah lain seperti Jakarta, Bandung, Semarang, dan Pekalongan. Sempat viral pula video TPA di Bandung yang menegur siswi SMA pengendara motor yang akhirnya harus menurunkan temannya karena tidak memakai helm.

Penulis: Ariefiani Elfrida Mastina Harahap

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: twitter.com

Sumber: kabar-banten.com, metrotvnews.com, atcs.tangerangkota.go.id