Nusa Five Lahir Sebagai Komik Superhero Terbaru Indonesia

(sumber foto: kaorinusantara.or.id)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Ultimates, kini Indonesia punya komik superhero terbaru. Komik superhero baru ini merupakan hasil kolaborasi Jepang dan Indonesia dengan judul Nusa Five. Komik Nusa Five resmi dirilis pertama kali di Indonesia saat pagelaran PopCon Asia yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center, 5-6 Agustus lalu.

Komik Nusa Five lahir dari kerja sama antara Padma Pusaka Nusantara dan Shogakukan Asia Pte Ltd, anak perusahaan dari penerbit Shogakukan. Penerbit inilah yang telah menerbitkan komik-komik legendaris dan terkenal seperti Doraemon, Detektif Conan dan Yokai Watch.

“Kami mencari kreator yang berbakat dan mampu membuat sebuah karya orisinil dengan pengetahuan yang baik tentang budaya Indonesia dan (Padma Pusaka Nusantara) memiliki semua itu. Kami sangat senang bisa memperkenalkan hasil kolaborasi kami yaitu Nusa V kepada para pembaca di Indonesia,” kata Managing Director Shogakukan Asia Kajiya Bunsho, dikutip dari antaranews.com.

Nusa Five sendiri menceritakan tentang lima orang pemuda yang berasal dari lima pulau besar Indonesia. Rangga asal Jawa, Naya asal Sumatera, Rimba asal Kalimatan, Rena asal Sulawesi dan George asal Papua. Diceritakan, mereka berlima menghadapi kelompok Sandekala yang bergerak di bawah entitas jahat dengan nama Kelana.

Alur cerita dan ilustrasi dari Nusa Five dikerjakan oleh ilustrator komik asal Indonesia Sweta Kartika yang dikenal dengan karyanya seperti Grey Jingga dan Wanara. Selama proses pengerjaan, Sweta mendapat bimbingan dari editor senior Shogakukan pusat di Jepang, Yasuyuki Sagami.

“Jajaran budaya nusantara yang menjadi penopang konsep utama cerita ini saya gali bersama teman-teman dalam tim. Pada tahap inilah saya makin memahami betapa luas dan kayanya Indonesia,” cerita Sweta, dikutip dari detik.com.

Nusa Five edisi pertama hadir dalam majalah komik re:ON edisi 28 dan akan rutin terbit pada edisi-edisi berikutnya setiap 45 hari. Nusa Five juga akan dibuat dalam versi Bahasa Inggris dan akan dipamerkan di booth Shogakukan Asia, Frankfurt Book Fair 2017, Oktober mendatang

Penulis: Rachel Rinesya Putri

Editor: Hilel Hodawya

Foto: kaorinusantara.or.id

Sumber: antaranews.com, detik.com, metronews.com