Sering Terlambat Datang ke Kampus? Coba 5 Tips Ini!

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Ada pepatah mengatakan bahwa orang yang menyisishkan waktunya adalah orang yang memberikan sebagian dari hidupnya. Waktu begitu berharga dan terlalu sayang untuk disia-siakan. Apalagi untuk terlambat datang ke suatu acara atau perkuliahan.

Selain ketinggalan pelajaran, bisa-bisa menganggu jalannya pelajaran atau membuat kesal dosen yang sedang mengajar. Nah, agar tidak telambat lagi, coba terapkan lima tips berikut.

  1. Hilangkan rasa malas ketika baru bangun tidur
    Setelah mendengar bunyi alarm dan terbangun, biasanya godaan untuk menekan tombol tunda (snooze) dan menambah waktu tidur beberapa menit sangat tidak tertahankan. Oleh karena itu, cobalah mengakalinya dengan meletakan ponsel cukup jauh dari jangkauan agar memaksa kita untuk bangun, serta paksa diri kita untuk melakukan peregangan singkat dan senam sederhana untuk menambah semangat. Iringi juga aktivitasmu itu dengan musik yang menghentak dan membangkitkan semangat.
  2. Persiapkan barang bawaan dari malam hari
    Usahakan untuk merinci dan memasukkan barang-barang bawaanmu ke dalam tas di malam hari sebelum tidur. Menyiapkan barang di pagi hari selain membuat peluang barang yang tertinggal lebih besar akibat terburu-buru, juga membuat keberangkatanmu jadi terhambat.
  3. Tidak mampir selama perjalanan
    Selama perjalanan, sering kali ada minimarket atau toko lainnya yang tampak menarik untuk dikunjungi. Berniat mampir sebentar, kita justru berada di sana lebih lama dari yang seharusnya dan bisa terlambat sampai di kelas. Tanamkan pikiran bahwa kita dapat mengunjungi tempat-tempat itu selepas kuliah nanti dan alihkan pikiran ke kegiatan yang harus kita lakukan di kampus.
  4. Berangkat lebih awal
    Jika kamu memang berniat untuk tidak terlambat lagi, ini memang jalan yang paling manjur. Berangkat lebih awal akan menghindarkan kita dari kemacetan dan membuat perjalanan lebih menyenangkan, dengan tidak terburu-buru dan menikmati perjalanan.
  5. Persingkat waktu memilih pakaian atau berdandan
    Seringkali urusan memilih pakaian, aksesori, atau berdandan membuat waktu persiapan lebih lama dari yang seharusnya. Langsung memilih pakaian pada pilihan pertama dan berdandan dengan gaya yang lebih sederhana dapat menjadi solusi. Bisa juga dengan menyiapkan semuanya pada malam sebelumnya.

Itulah lima tips yang dapat coba diterapkan agar bisa sampai ke kampus dengan lebih awal. Selain terhidar dari amarah dosen, kita juga bisa melakukan banyak hal produktif sebelum kelas di mulai, seperti mempelajari kembali materi presentasi untuk hari itu atau menyelesaikan tugas lain yang belum selesai.

Penulis: Monica Devi Kristiadi
Editor: Alif Gusti Mahardika
Sumber: Hipwee, Kaskus