Trik Murah untuk Mengakali Masalah Sepatu Kesempitan

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Persoalan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki pengguna kini menjadi semakin marak terjadi. Pasalnya, pembelian sepatu secara online yang tidak sesuai sering kali menyebabkan sepatu yang digunakan tak sesuai dengan ukuran kaki sebenarnya.

Pastinya menyebalkan jika sepatu yang telah dibeli dengan uang pribadi tidak dapat dikenakan. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini ada beberapa cara untuk merenggangkan sepatu agar dapat lebih nyaman digunakan. 

  1. Memakainya lebih sering dirumah

Sebuah sepatu pada dasarnya akan merenggang setelah sering digunakan oleh penggunanya, traumata sepatu olahraga yang dirancang untuk merenggang dan mengencang sendiri. Sering mengenakan sepatu di rumah akan mempercepat proses perenggangan tersebut. Kecepatan perenggangan juga dapat ditingkatkan lagi dengan menggunakan kaus kaki tebal burlaps.

  1. Memasukkan Koran Basah

Seringkali ketika membeli sebuah sepatu di toko terdapat kertas buram didalam sepatu baru tersebut. Hal ini sebenarnya dilakukan untuk mempertahankan ukuran sepatu agar bahannya tidak menjadi kaku dan menyempit. Langkah ini dapat dilakukan ketika sepatu sedang tidak digunakan.

Membasahi koran yang hendak dimasukan ke dalam sepatu bisa menjadi langkah untuk mempercepat proses. Kertas yang basah akan merenggang ketika kering dan sepatu tersebut juga akan merenggang mengikuti bentuk kertas di dalamnya. Masukkan kertas koran basah tersebut hingga memenuhi sepatu. Sebelum digunakan kembali, jangan lupa untuk mengeringkan sepatu terlebih dahulu.

  1. Memasukkannya ke dalam freezer

Tidak semata-mata memasukkan sepatu ke dalam freezer, namun menggunakan plastik berisi air di dalamnya. Memasukkan plastik yang berisi air me dalam sepatu akan membuat plastik tersebut menjadi es ketika dimasukkan ke dalam freezer dalam beberapa jam. Secara alamiah, kepadatan es akan merenggangkan bahan sepatu.

Setelah beberapa jam, keluarkan sepatu dari freezer dan biarkan dalam suhu ruangan hingga es mencair. Bila masih belum mendapatkan hasil bentuk yang diinginkan, langkah ini bisa diulangi beberapa kali. Jangan lupa untuk memastikan bahwa plastik tersebut tidak bocor.

  1. Memanaskan Sepatu

Berlawanan dengan cara sebelumnya, pemanasan juga dapat merenggangkan bahan sebuah sepatu. Caranya, gunakan kaus kaki berlapis dan kenakan sepatu. Dalam kondisi tersebut, panaskan bagian sepatu yang sempit dengan pengering rambut. Sementara langkah ini dilakukan, gerakkan jari-jari untuk mendukung proses pelebaran.

Perlu diketahui bahwa trik ini kurang cocok pada sepatu berbahan dasar plastik, namun cocok untuk bahan kulit pada umumnya. Angkat pengering rambut setiap 20-30 detik, jangan terus-menerus dipanaskan karena dapat merusak kualitas bahan.

  1. Menggunakan Alkohol

Masukkan alkohol ke botol semprot atau wadah tertentu menggunakan perbandingan 1:1 dengan air. Hindari menggunakan alkohol murni. Oleskan alkohol pada area-area yang terasa sempit pada septa, lalu segera gunakan sepatu selama 20-25 menit sebelum alkohol mengering. Alternatif lain dapat dilakukan dengan membasahi kaus kaki menggunakan alkohol, peras bagian kaus kaki yang basah, kemudian gunakan kaus kaki tersebut dan gunakan pula sepatu yang akan direnggangkan.

Selain itu terdapat beberapa tips preventif untuk mendapatkan sepatu yang tepat sesuai ukuran kaki, yakni dengan memilih sepatu yang tepat sesuai dengan ukuran dan memilih sepatu berbahan lentur. Dengan demikian, sepatu bisa lebih pas dikenakan di kaki.

 

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Hilel Hodawya

Foto: arbamedia.com

Sumber: kompas.com, id.wikihow.com, beritagar.id