Wanita Cenderung Berteman dengan yang Sama Cantik?

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Kaum wanita cenderung menyukai pertemanan dalam bentuk kelompok. Bila diperhatikan, wanita dengan paras yang ayu seringkali memiliki sekelompok teman yang juga sama cantiknya. Hmm, benarkah demikian?

Jawabannya, ya. Seperti dilansir dari Kompas.com, sebuah penelitian menyatakan bahwa wanita cenderung membuat kelompok pertemanan dengan sesama teman yang memiliki kecantikkan yang setara. Penelitian tersebut dilakukan kepada 172 responden yang tidak saling mengenal satu sama lain.

Contoh pertemanan beberapa wanita cantik.
Contoh pertemanan beberapa wanita cantik.

Mereka kemudian ditempatkan di sebuah ruangan dan diminta untuk berbaur. Selain itu, mereka juga diminta untuk saling bertukar kelompok sebanyak delapan kali. “Ternyata, hasil penelitian memperlihatkan bahwa orang-orang cenderung berteman karena penilaian secara fisik, gender, dan faktor atraktif,” terang Jamin Haldberstadt dari Otago’s Department of Psychology.

Contoh pertemanan sekelompok wanita cantik.
Contoh pertemanan sekelompok wanita cantik.

Selain itu, para peneliti juga menemukan fakta bahwa para responden memang membentuk kelompok berdasarkan faktor persamaan yang ada di dalam diri mereka, dengan orang-orang di sekitar mereka. Seringkali wanita berparas cantik selalu mendapatkan perhatian lebih dulu dibandingkan yang parasnya biasa-biasa saja.

Namun, hal tersebut tidak berlaku dalam pertemanan kaum lelaki.

“Wanita yang cantik biasanya selalu menjadi pemimpin dalam kelompok sosial, tetapi hal tersebut tak berlaku dengan pria tampan di kelompok sosial,” tambah Jamin.

 

Penulis: Nathania Zevwied Pessak

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: female.kompas.com

Foto: cdn.klmig.com; hngn.com; mtv.co.uk