Persaingan Menuju MVP Musim 2016-2017

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Musim 2016-2017 Liga Basket Amerika Serikat (NBA) yang tersisa lima bulan lagi menjadikan persaingan Pemain Terbaik (MVP) menjadi semakin sengit. Ranking nominasi MVP seringkali berubah-ubah yang juga diakibatkan perubahan performa dari setiap nomine.

Pemain-pemain yang tidak asing disebut dalam NBA seperti LeBron James, Stephen Curry, dan Russel Westbrook turut mengisi nominasi tersebut. Berikut beberapa pemain yang memiliki peluang menjadi MVP versi ULTIMAGZ.

1. James Harden

harden

Point Guard dari tim Houston Rockets ini disebut-sebut menduduki ranking pertama dalam nominasi MVP 2016-2017. Pemain dengan julukan The Beard tersebut mendapat beberapa dukungan dari sesama pemain maupun pihak lain dalam perjalanannya menjadi MVP. Pemilik tim Dallas Mavericks Mark Cuban mendukung Harden dalam komentarnya via twitter.

“Seandainya musim harus berakhir sekarang, walau saya tidak menyukai Houston Rockets, saya akan memilih Harden,” dalam penjelasannya mengenai pilihannya dalam MVP 2016-2017. Harden memiliki rata-rata 28,9 poin (urutan ketiga di NBA), 11,4 assist (urutan pertama di NBA), dan 8,2 rebounds (urutan ke-23 di NBA).

2. Russel Westbrook

westbrook

Sejak kepergian Kevin Durant dari tim Oklahoma City Thunder, Russel Westbrook menjadi satu-satunya pemain allstar yang tersisa di Thunder. Perkembangan Westbrook di musim ini diakui oleh rekan setimnya seperti dilansir bleacherreport.com. Westbrook memiliki rata-rata 30,9 poin (urutan pertama di NBA), 10,2 assist (urutan ketiga di NBA), dan 10,5 rebounds (urutan ke-12 di NBA). Pemain dengan dua kali MVP allstar tersebut berkata kalau ia sebenarnya tidak peduli dengan gelar MVP karena yang ia pedulikan hanya kemenangan timnya dalam kejuaraan NBA musim ini.

3. Kevin Durant

durant

Mengisi posisi Small Forward pada tim Golden State Warrior membuat Durant kembali masuk nominasi MVP musim ini. MVP musim 2013-2014 tersebut memiliki rata-rata 25,7 poin (urutan kesembilan di NBA),  .537 presentase field goal (urutan pertama di antara Forward lain di NBA), .876 dalam presentase tembakan bebas (urutan ke-16 di NBA). Jimmy Butler, salah satu pemain Chicago Bulls mendukung perpindahan Durant ke Warriors.

“Mereka (Warriors) memiliki pola permainan yang baik. Jadi menurut saya ini adalah perpindahan yang baik untukmu,” kata Butler kepada Durant paska perpindahannya, seperti dilansir chicagotribune.com.

4. Kawhi Leonard

leonard

Pemain dengan gelar deffensive player of the year tersebut merupakan nominasi keempat MVP musim ini. Leonard lebih dikenal dengan pola pertahanannya dibanding pola penyerangannya. Meski demikian, pria berkebangsaan Amerika tersebut tetap menjadi nominasi allstar musim ini dan ia membuktikan kalau ia juga mahir dalam pola penyerangan. Pemain dari San Antonio Spurs tersebut memiliki rata-rata 1,72 steals (urutan ke-10 di NBA), .905 persentase tembakan bebas (urutan keempat di NBA), dan 0,77 blocks (urutan kedelapan di antara  forward lain di NBA).

5. LeBron James

Cleveland Cavaliers forward LeBron James (23) drives with the ball during the first half of an NBA basketball game against the New Orleans Pelicans in New Orleans, Friday, Dec. 12, 2014. (AP Photo/Jonathan Bachman)

Pemain dengan julukan The King tersebut merupakan salah satu nominasi MVP musim ini. Forward dari Cleaveland Cavaliers tersebut memiliki rata-rata 25,8 poin (urutan kedelapan di NBA), 8,7 assist (urutan keempat di NBA). Pemain yang tahun lalu dikaruniai predikat Finals MVP merasa ada banyak orang yang lebih cocok menjadi MVP walau ia tetap berusaha meraih gelar tersebut.

Menurut ultimates, siapakah yang akan membawa pulang gelar MVP tahun ini?

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: google.com

Sumber: usatoday.com, chicagotribune.com, si.com, nba.com, nba.nbcsports.com, espn.com, cbssports.com, bleacherreport.com