Akhir dari Perjalanan Francesco Totti, Sang Pangeran Roma

Francesco Totti saat melakukan selebrasi swafoto dihadapan publik Olimpico setelah berhasil mencetak gol ke gawang Lazio (11/1/2015).
Share:

ROMA, ULTIMAGZ.com – Berakhirnya kontrak kerja bersama AS Roma akhir Mei nanti akan menjadi akhir kisah dari perjalanan Francesco Totti, Sang Pangeran Roma‘, di lapangan hijau. Kapten tim asal ibu kota Italia itu memutuskan untuk pensiun sebagai pemain profesional.

Dilansir dari Football Italia, keputusan tersebut disampaikan oleh Direktur Olahraga AS Roma yang baru menjabat, Ramon Rodriguez Verdejo alias Monchi.

“Saya menginginkan dia di pihak saya karena dia adalah orang asli Roma dan bisa mengajari saya apa arti Roma,” ujar pria asal Spanyol itu.

Monchi menambahakan, Totti telah diproyeksikan untuk menjadi staff-nya setelah pensiun nanti.

“Saya begitu ingin mempelajari satu demi satu pengetahuan yang dia ketahui (mengenai luar dalam kesebelasan ini),” sambungnya.

Pensiunnya ‘Sang Gladiator juga mendapat tanggapan dari rekan lamanya di timnas Italia, Alessandro Del Piero. Dia berharap Totti dapat mengakhiri kariernya dengan baik.

“Saya berharap dia bisa mengakhiri karier dengan senyuman yang lebar dan mendapatkan perpisahan yang pantas atas apa yang dia lakukan di Roma. Baik sebagai teman, mantan pemain Italia dan idola bagi para penggemar sepak bola,” ujar legenda Juventus itu.

Roma's forward from Italy Francesco Totti kicks the ball during the Italian Serie A football match Roma vs Lazio at the Olympic Stadium in Rome on April 30, 2017. / AFP PHOTO / FILIPPO MONTEFORTE
Foto: AFP Photo / Filippo Monteforte

Sementara itu, Totti  akan menjalani laga terakhir di kompetisi resmi saat Roma menjamu Genoa 28 Mei nanti. Laga tersebut akan menjadi laga pamungkas dan perpisahan dirinya dengan publik stadion Olimpico.

Mengenai kiprahnya, Totti memulai debutnya sebagai pemain professional bersama AS Roma sejak tahun 1993. Pria berusia 40 tahun itu mengukir 616 penampilan di Serie A dan mencetak 250 gol, berada di belakang rekor top  skor sepanjang masa Roma, Silvio Paolo yang mengoleksi 274 gol.

Dari 24 tahun kebersamaanya dengan Roma, “il capitano” telah meraih satu gelar Serie A, dua gelar Coppa Italia dan dua gelar Supercoppa Italia. Tidak terlalu mentereng layaknya legenda di klub-klub lain, tetapi kharisma dan loyalitasnya untuk Roma membuatnya begitu dipuja oleh pecinta sepakbola terutama para Romanisti.

Adapun di tingkat internasional, Totti telah membela tim nasional Italia sebanyak 58 kali dan mengoleksi 9 gol. Prestasi tertingginya bersama timnas adalah mempersembahkan gelar Piala Dunia 2006 dan menjadi runner up Piala Eropa 2000.

Melihat sepak terjang dan aksinya di lapangan hijau, tak berlebihan rasanya jika Totti pantas dikenang sebagai salah satu legenda sepakbola Italia dan dunia. Grazie capitano!  No Totti, No Party!

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: AP Photo/Gregorio Borgia

Sumber: thelocal.it, kumparan.com, bola.com