Balapan Ke-3000 MotoGP Milik Dani Pedrosa

Share:

JEREZ, ULTIMAGZ.com – Dua pembalap Repsol Honda mendominasi gelaran MotoGP seri ke empat yang diselenggarakan di Sirkuit Jerez, Spanyol (07/05/17). Dani Pedrosa berhasil mengamankan posisi pertama, disusul oleh rekan satu timnya, Marc Marquez dan Jorge Lorenzo pada posisi ketiga.

Kemenangan ini menjadi kemenangkan spesial bagi Pedrosa pasalnya ia berhasil meraih kemenangan di balapan ke-3000 MotoGP sejak digelar pada 1949.

Pedrosa yang memulai balapan di pole position langsung meninggalkan para pesaingnya sejak awal balapan. Sedangkan Marquez dan Cal Crutchlow, yang berada pada posisi kedua dan ketiga gagal mengejar Pedrosa selama balapan berlangsung.

Persaingan ketat terjadi di posisi kedua dan ketiga. Crutchlow harus rela posisinya disalip oleh Andrea Iannone sejak awal, sedangkan Marquez harus bekerja keras mempertahankan posisinya saat Johann Zarco mengganggunya sepanjang awal balapan.

Zarco yang mengawali balapan pada posisi ke enam berhasil melewati Iannone, Vinales dan Crutchlow. Persaingan ketat antara Marquez dan Zarco membuat Pedrosa kian mantap pada posisi pertama.

Lorenzo yang memulai balapan pada posisi ke delapan, turut meramaikan persaingan di papan atas. Ia berhasil menyalip dua rider Movistar Yamaha.

Iannone dan Crutchlow yang berada pada posisi ketiga dan keempat harus rela meraih DNF (Did Not Finish) setelah masing-masing terjatuh di sisa lap ke-22, yang kemudian membuat Lorenzo naik ke posisi ketiga.

Duel sengit juga terjadi untuk merebut posisi kelima. Valentino Rossi, Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso bersaing ketat pada lap ke-14.

Pedrosa yang berada di posisi pertama tidak mengalami masalah apapun pada seri ini. Dari awal balapan sampai akhir, ia terus memimpin. Disusul oleh rekan setimnya, Marc Marquez. Tim Repsol Honda berhasil meraih kemenangan kedua beruntunnya. Sedangkan, dua rider dari Movistar Yamaha tidak mampu bersaing pada papan atas, terutama Rossi.

Rossi yang memulai balapan pada posisi ketujuh harus rela mengakhiri seri ini di posisi kesepuluh. Sedangkan Vinales yang memulai balapan di posisi keempat harus rela duduk di posisi keenam.

Saat sesi kualifikasi, Rossi sudah mengutarakan bahwa dirinya masih belum 100 persen saat balapan. Ia masih mengalami kesulitan saat menikung ke kiri karena ban yang pilih tidak berfungsi maksimal.

“Kami harus terus berusaha karena ketika berusaha maksimal, saya merasa tidak nyaman, belum di posisi 100 persen. Saya masih punya masalah saat memasuki tikungan,” ucap Rossi dikutip dari kompas.com

Walaupun begitu, Pedrosa yang memenangkan seri ini berada di posisi keempat klasemen. Sedangkan posisi pertama masih ditempati oleh Rossi dengan 62 poin, disusul Vinales di tempat kedua dengan 60 poin, dan Marquez diposisi ketiga dengan 58 poin.

Penulis: Ridi F. Khan

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: crash.net

Sumber: kompas.com, crash.net