Bayern Munich Taklukkan Dortmund di Signal Iduna Park

Para pemain Bayern Munchen merayakan kemenangan 3-1 atas Borussia Dortmund dalam lanjutan Bundesliga pekan ke-11 di Signal Iduna Park, Minggu (5/11/17). Kemenangan tersebut kian memperkokoh posisi Munchen di puncak klasemen.
Share:

DORTMUND, ULTIMAGZ.com – Memasuki pekan ke-11 Bundesliga, Borussia Dortmund harus mengakui kekuatan Bayern Munchen setelah ditekuk 3-1 di hadapan publik Signal Iduna Park, Minggu (05/11/17). Tiga gol Bayern yang masing-masing dicetak oleh Arjen Robben, Robert Lewandowski dan David Alaba hanya dapat dibalas Dortmund lewat lesakkan Marc Bartra.

Dortmund yang menjadi tuan rumah pada laga ini, langsung dikejutkan dengan permainan menekan Bayern sejak dimulainya pertandingan. Melalui aksi Robben dan Kingsley Coman, Bayern terus menebar teror ke garis pertahanan Dortmund.

Sepanjang 10 menit pertama, baik Dortmund maupun Munich tampak kesulitan untuk menemukan permainan terbaiknya. Serangan demi serangan yang dilancarkan oleh kedua kubu kerap kandas sebelum berujung gol.

Di menit ke-17, Bayern akhirnya berhasil mengubah kedudukan menjadi 1-0. Tendangan kaki kiri Robben berhasil merobek jala gawang Dortmund yang dikawal oleh Roman Burki.

Dortmund yang berambisi memenangkan laga “Der Klassiker” langsung bergerak untuk mengejar ketertinggalan. Sebuah kerjasama antara Shinji Kagawa dan Andriy Yarmolenko sempat membuat lini belakang Munchen panik.

Memasuki menit ke-30, peluang emas didapatkan oleh Yarmolenko yang menerima umpan terobosan cerdik dari Gonzalo Castro, namun sepakannya masih bisa diantisipasi dengan baik oleh Sven Ulreich.

Dua menit berselang, giliran Kagawa yang mendapatkan peluang. Penggawa tim nasional Jepang  yang berdiri bebas melakukan tembakan jarak jauh, tetapi usahanya itu masih melebar dari gawang Bayern.

Alih-alih menyamakan kedudukan, anak asuh Peter Bosz kembali dikejutkan setelah Bayern sukses menggandakan keunggulannya di menit ke-37. Umpan datar dari Joshua Kimmich berhasil diteruskan oleh Lewandowski melalui sebuah backheel cantik. 

Menjelang berakhirnya babak pertama, Dortmund kembali mendapatkan kesempatan melalui Yarmolenko. Sayang, sepakan mantan pemain Dynamo Kyiv itu masih mampu ditepis oleh Ulreich. Tak lama kemudian, babak pertama pun berakhir dengan keunggulan 2 gol bagi “Die Roten”.

Memasuki babak kedua, jual beli serangan antara kedua tim pun terus berlanjut. Di menit ke-49, peluang kembali muncul bagi pasukan kuning-hitam ketika umpan silang dari Christian Pulisic berhasil diterima oleh Pierre-Emerick Aubameyang. Namun, sepakan jarak dekat dari topskor Bundesliga musim lalu itu dapat diblok oleh Alaba sebelum bersarang di gawang Bayern.

Pada menit ke-65, giliran anak asuh Jupp Heynckes yang mendapatkan peluang emas. Namun, sebuah tembakan yang dilepaskan Lewandowski masih melebar dari gawang Burki.

Dua menit berselang, Bayern makin jauh memimpin setelah umpan silang Alaba yang ditujukan kepada Lewandowski justru berhasil mengecoh para pemain Dortmund dan berujung pada gol ketiga “The Bavarians”. 

Menjelang akhir pertandingan, Dortmund akhirnya bisa mencetak satu gol melalui Marc Batra. Serangan yang dibangun dari sisi kanan pertahanan Bayern dapat dikonversi menjadi gol oleh pemain 26 tahun itu lewat sepakan kerasnya.

Berkat kemenangan ini, Bayern semakin kokoh dipuncak klasemen Bundesliga setelah mengantongi 26 poin, disusul oleh RB Leipzig yang berhasil naik ke posisi dua dengan 22 poin. Adapun Dortmund harus rela turun ke peringkat tiga dengan raihan 20 poin.

Penulis : Ridi F Khan

Editor : Gilang Fajar Septian

Foto : Twitter @FCBayern