Bekuk Kroasia, Prancis Rajai Piala Dunia 2018

(Sumber foto: Fifa.com)
Share:

MOSKOW,ULTIMAGZ.com Prancis berhasil menjadi juara dalam gelaran Piala Dunia 2018 yang diselenggarakan di Rusia. Kemenangan dengan skor 4-2 atas Kroasia ini membuat Kylian Mbappe dan kawan-kawan sukses menambahkan bintang baru di atas logo tim Ayam Jantan.

Pada babak pertama, timnas Kroasia tampak lebih dominan dengan permainan menyerang dan penguasaan bola yang lebih banyak dibandingkan Prancis. Mario Mandzukic sempat mengancam dengan beberapa peluang yang ia hadirkan, namun tidak satu pun percobaan dari pemain Juventus itu yang berujung gol.

Menjadi tim yang tampil lebih menyerang, Kroasia justru harus dikejutkan oleh gol bunuh diri Mandzukic di menit ke-18. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi oleh Antoine Griezmann, bola yang coba disapu dengan sundulan oleh Mandzukic justru harus bersarang ke gawang tim-nya sendiri.

10 menit berselang, euforia Prancis terhenti oleh tendangan keras dari Ivan Perisic yang tidak dapat dihalau oleh kiper Hugo Lloris. Skor pun imbang menjadi 1-1.

Video Assistant Referee (VAR) kembali mengambil peran penting dalam pertandingan ini. Perisic tertangkap kamera VAR melakukan handsball saat bola tendangan sudut Griezmann menghampiri kotak penalti. Setelah melihat rekaman ulang dari VAR, wasit Nestor Pitana memberi hadiah tendangan 12 pas untuk “Les Bleus” yang berhasil dieksekusi dengan tenang oleh penyerang Atletico Madrid. Keunggulan 2-1 untuk Prancis terus bertahan hingga babak pertama usai.

Masuk ke babak kedua, Prancis memperbesar keunggulan lewat dua lesakkan dari kaki Paul Pogba dan Mbappe. Gol-gol yang diciptakan oleh kedua pemain tersebut seolah menjadi pemanis bagi gelar juara dunia yang sudah di depan mata.

Di tengah kebahagiaan setelah unggul 4-1, Lloris nampak tidak fokus sehingga melakukan salah oper yang mengenai kaki Mandzukic dan berakhir di gawangnya sendiri. Pada sisa waktu pertandingan, Kroasia mencoba mengejar dengan serangan-serangan sporadis yang masih mampu dihadang oleh lini belakang Prancis. Skor 4-2 untuk kemenangan anak-anak asuh Didier Deschamps pun menjadi hasil akhir yang sekaligus menutup gelaran Piala Dunia 2018.

Luka Modric (kiri) berhasil mendapatkan trofi Golden Ball atau pemain terbaik sepanjang gelaran Piala Dunia 2018. Kylian Mbappe (kanan) mendapatkan trofi Silver Ball sebagai pemain muda terbaik selama Piala Dunia 2018. (Foto: Fifa.com)

Pada penutupan kejuaraan yang digelar 4 tahun sekali ini, Mbappe terpilih sebagai pemain muda dengan penampilan terbaik di Rusia. Bersamaan dengan itu, Luka Modric yang menjadi roh permainan Kroasia sejak awal kejuaraan berhasil meraih trofi pemain terbaik di Piala Dunia 2018.

Piala Dunia kali ini juga menorehkan sejarah baru di mana terjadi gol bunuh diri terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan Piala Dunia. Terbukti, terjadi 28 gol bunuh diri selama gelaran Piala Dunia ini berlangsung.

 

Penulis: Billy Dewanda

Editor: Gilang Fajar Septian

Foto: Fifa.com