Chelsea vs City : Penentu Gelar di Awal Musim

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Pertandingan antara Chelsea dan Manchester City akan segera tersaji di Stamford Bridge (09/30/17). Melihat performa apik yang ditampilkan oleh kedua tim, duel dari dua tim elit ini diyakini akan krusial dalam jalur perebutan gelar juara Liga Primer Inggris.

Sempat diragukan setelah melepas Nemanja Matic ke Manchester United, dan menelan kekalahan mengejutkan dari Burnley, secara perlahan “The Blues” mulai menemukan kembali jati dirinya.  Dalam 6 pertandingan terakhir, pasukan Antonio Conte sukses mengemas 5 kemenangan dan sekali seri. Pada dua laga terbaru yang mereka lakoni, klub yang dimiliki oleh Roman Abramovich ini bahkan mampu menggulung Atletico Madrid 1-2 di Spanyol, serta menumpas Stoke City dengan Skor 4-0, yang mana 3 gol di antaranya diborong oleh Alvaro Morata yang sedang on fire.

Tidak Seperti Chelsea yang sempat kesulitan di awal musim, City selalu berhasil menampilkan performa impresif semenjak liga bergulir. “The Citizens” secara luar biasa mengalahkan Liverpool 5-0, Watford 6-0, dan Crystal Palace 5-0, sebagaimana Sergio Aguero dan Gabriel Jesus menunjukkan ketajaman mereka di depan gawang. Dari segi pertahanan pun, City patut diacungi jempol setelah hanya kebobolan dua kali di liga.

Sayangnya, dalam laga ini David Luiz dan Sergio Aguero harus absen. Kedua bintang itu urung memperkuat tim setelah harus menjalani hukuman kartu (Luiz), dan dirawat akibat kecelakaan mobil (Aguero).

Absennya Aguero tentunya menjadi keuntungan besar bagi Chelsea, terlebih jika melihat 6 gol yang sudah disarangkannya dalam 6 laga. Hilangnya mantan menantu Diego Maradona itu juga menjadi kerugian besar bagi Pep Guardiola yang praktis hanya dapat mengandalkan Jesus di lini depan, walaupun penyerang muda Brasil itu juga sudah mulai menunjukkan tajinya.

Berkebalikan dengan “The City” yang pasti akan merasakan betul hilangnya sang striker Argentina, Chelsea dapat menambal posisi yang ditinggal Luiz dengan memasang Antonio Rudiger ataupun dengan melakukan sedikit perubahan pada formasi. Dengan adanya gelandang pekerja keras seperti N’golo Kante dan Tiemoue Bakayoko di lini tengah, serangan dari tim biru langit dipastikan akan sulit berkembang; hal ini terbukti dari catatan pertahanan dan juga intersepsi Chelsea yang cukup baik. Fans klub London Barat juga bisa sedikit bernafas lega setelah Eden Hazard pulih dari cederanya.

Superior-nya serangan Kevin De Bruyne dan kawan-kawan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Tapi, Chelsea dapat berharap banyak kepada duo timnas Perancis yang sukses membungkam serangan Atletico lewat kerja sama mereka.

Melihat tren serta statistik yang ada, tampaknya pemenang laga akan ditentukan lewat kejelian dalam memaksimalkan peluang di kala menyerang. Akurasi tembakan yang dibukukan oleh kedua tim memang hanya berselisih 1%, namun perlu diingat kembali hilangnya Aguero pasti akan turut mempengaruhi catatan tersebut.

Sekarang semuanya bergantung kepada bagaimana Chelsea dan City dapat menghadirkan peluang kepada Morata dan Jesus yang kini sedang garang.

 

 

 

 

Penulis : Gilang Fajar Septian

Editor : Christoforus Ristianto

Sumber : Squawka.com, Premierleague.com

Foto : Indepenent.co.uk