Dorna Sports Konfirmasi Thailand Jadi Tuan Rumah MotoGP

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com– Sirkuit Buriram, Thailand, akhirnya mendapatkan persetujuan menjadi lokasi pelaksanaan MotoGP pada tahun 2018-2021. Hal itu terkonfirmasi lewat laman MotoGP.com yang memuat informasi penandatanganan kontrak antara Thailand dengan Dorna Sports, penyelenggara MotoGP, yang akan dilakukan pada Kamis (31/08/2017) di Bangkok, Thailand.

Kepala Eksekutif Pemegang Hak Komersial Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, akan bertemu dengan Sakon Wannapong, pimpinan institusi olahraga di Thailand untuk melakukan proses penandatanganan kontrak. Adapula Wakil Perdana Menteri Thailand, Tanasak Patimapragorn serta Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand, Pongpanu Svetarundra yang akan turut hadir menyaksikan proses penandatanganan.

Selama tiga tahun, kejuaraan balap motor ternama tersebut akan diadakan di Sirkuit Buriram atau dikenal juga dengan sirkuit Chang International yang  berada di wilayah timur laut Thailand. Adapun Sirkuit  yang berada sejauh 400 km dari Bangkok ini juga sempat menjadi lokasi perlombaan superbike.

Sebelumnya, sirkuit Chang International juga hampir gagal menjadi tuan rumah MotoGP. Pasalnya, sirkuit sepanjang 2.800 mil ini disponsori salah satu minuman alkohol dengan merk Chang. Padahal MotoGP sudah terikat kontrak dengan minuman alkohol Singha Beer. Persaingan produk minuman alkohol ini menjadi hambatan Dorna Sports untuk menjadikan Thailand tuan rumah MotoGP.

Namun, selain Thailand, MotoGP juga sudah memperbaharui kontrak dengan Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia pada 2016 yang lalu. Bahkan Indonesia pun sempat dikabarkan akan menjadi tuan rumah berikutnya.

Hal ini juga didukung dengan kesiapan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, persiapan yang dilakukan sudah sampai tahap masterplan dan diharapkan proses pembangunan berjalan dengan cepat.

“Kita sudah siapkan, yang penting itu rencananya. Masterplannya sudah, sudah masuk ke detail engineering, ya persiapan untuk konstruksi. Persiapan. Tapi itu cepat kok,” ujar Alex beberapa waktu lalu dilansir dari detik.com.

Penulis: Monique Oktaviannie

Editor: Christoforus Ristianto

Sumber Foto: bola.com

Sumber: cnnindonesia.com, liputan6.com, detik.com