Dovizioso Beri Kejutan di Silverstone

Share:

SILVERSTONE, ULTIMAGZ.com – Andrea Dovizioso secara mengejutkan keluar sebagai juara Moto GP Inggris  2017 di sirkuit Silverstone, Northampton, Inggris.  Sebelumnya, Valentino Rossi yang mendominasi sejak awal balapan terpaksa berada di posisi ketiga seusai dibalap rekan setimnya Maverick Vinales yang meraih podium kedua.

Sejak awal balapan, Marc Marquez yang mengawali balapan di pole posistion, harus rela disalip oleh Rossi sejak balapan dimulai. Apalagi Rossi berambisius juara di Inggris karena seri ini menjadi balapan ke-300 nya.

Tidak butuh lama bagi Rossi untuk menjauh dari Marquez. Sedangkan Marquez harus rela turun satu peringkat setelah disalip Vinales di lap ke-18. Sebelumnya, Vinales berhasil melewati Cructhlow yang berada di posisi ke-3.

Naas bagi Marquez, pada lap ke-5 dirinya yang berada di posisi ke-3 kembali dilewati oleh Dovizioso yang memulai balapan di posisi ke-6. Adapun “The Doctor” masih berada di puncak dan tidak tersentuh.

Dua lap berselang, duel sengit terjadi kala Dovizioso berusaha melewati Vinales yang berada di posisi kedua. Salip menyalip terjadi antara dua pebalap ini, namun Dovizioso memenangi duel tersebut.

Sementara itu, Marquez yang berada di posisi ke-4 melihat sebuah peluang saat Vinales dan Dovizioso berduel. Marquez pun turut menyalip Vinales saat memasuki lap ke-11.

Namun, saat memasuki lap ke-13, motor pebalap asal Spanyol ini mengeluarkan asap tebal. Alhasil, dirinya keluar dari lintasan dan tidak melanjutkan balapan.

Saat balapan tersisah 4 lap lagi, Dovizioso, Vinales, dan Cructhlow yang berada di posisi ke-2 hingga ke-4 pun memacu motornya masing-masing dengan kencang. Ketiganya berusaha mengejar Rossi yang masih memimpin balapan.

Memasuki lap ke-17, Rossi terancam kehilangan posisinya setelah Dovizioso berhasil mendekatinya. Tak ayal, Rossi yang menyadari hal tersebut memacu motornya lebih cepat.

Usaha Dovizioso pun membuahkan hasil karena berhasil menyalip Rossi dan lambat laun kian jauh meninggalkan “The Doctor”. Tak lama kemudian, Rossi yang baru saja dilewati oleh Dovizoso harus rela dilewati rekannya, Vinales.

Kini, giliran Dovizioso yang harus mempertahankan posisinya, setelah Vinales beberapa kali mencoba mendekati. Namun dengan menyisakan dua lap, Dovizioso pun akhirnya keluar sebagai pemenang, disusul dengan Vinales dan Rossi yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Hasil kemenangan ini terasa spesial bagi Dovizioso. Pasalnya, ia berhasil melakukan back-to-back juara setelah memenangi seri sebelumnya di Austria. Alhasil, Dovizioso berhasil menggeser Marquez di klasemen sementara MotoGP 2017 dengan 183 poin. Sedangkan Marquez berada di posisi kedua dengan 174.

Penulis : Ridi F Khan

Editor : Christoforus Ristianto

Foto : Twitter @MotoGP