Bermain Garang, James Harden Catat Rekor NBA

James Harden menghasilkan 56 poin, 13 assist dengan total 19 tembakan berhasil dari 25 kali mencoba pada pertadingan melawan Utah Jazz, Minggu (05/11/17) di Toyota Center, Amerika Serikat.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Salah satu shooting guard Houston Rocket, James Harden, tampil memukau dengan mencetak 56 poin saat melawan Utah Jazz, Minggu (05/11/17) di Toyota Center, Texas, Amerika Serikat. Perolehan poin tersebut merupakan pencapaian terbaik Harden sekaligus mencatat sejumlah rekor sepanjang masa di Liga Basket Amerika Serikat (NBA).

“Saya hanya menembak, saya tidak tahu. Saya hanya berusaha membuat keputusan yang tepat,” ucap Harden terkait rekor yang ia capai seperti dilansir dari espn.com.

Pemilik nama asli James Edward Harden Jr ini berhasil mencetak 56 poin dengan presentase keberhasilan mencetak angka sebesar 76% (19/25). Tak hanya itu, ia juga memberikan 13 assist dalam pertandingan yang berakhir dengan kemenangan Rockets 137-110 tersebut. Kini, Harden menjadi satu-satunya pemain selain Wilt Chamberlain yang pernah mencapai perolehan tersebut, dan merupakan satu-satunya pemain di musim ini dengan perolehan tersebut.

Di sisi lain, pencapaian 56 poin  tersebut nyaris mengalahkan rekor Calvin Murphy yang meraih 57 poin sepanjang sejarah Houston Rockets. Pun, pencapaian ini merupakan poin tertinggi yang pernah dicapai pemain bernomor 13 tersebut sepanjang kariernya.

Meski mendapat perolehan poin yang tinggi, Harden tetap berusaha bermain dengan melibatkan anggota timnya. Pemain dengan julukan “The Beard” tersebut mengungkapkan bahwa ia harus bermain dengan agresif bukan hanya untuk dirinya, melainkan untuk timnya. Hal tersebut dibuktikan Harden dengan 13 assist yang diperolehnya.

Harden juga kini menempati urutan pertama dalam kategori pemain yang pernah mencetak lebih dari 50 poin dan 10 assist di saat yang bersamaan. Pemain kelahiran Los Angeles, Amerika Serikat, tersebut telah menyandingi Russel Westbrook dengan tiga kali mendapatkan perolehan tersebut.

Gemilangnya penampilan Harden juga terlihat dengan keberhasilan menorehkan tujuh tembakan tiga angka dari delapan kali mencoba. Tingginya presentase tersebut disusul juga dengan fakta bahwa seluruh tembakan Harden menghasilkan poin pada kuarter pertama, dengan kata lain berhasil 100%. The Beard turut menyumbangkan 22 poin untuk Rockets pada kuarter pertama.

Penampilan tersebut sekaligus menutup minggu ketiga penampilan Houston Rockets sejak musim ini dimulai dan kepiawaian Harden menjadikannya pemain terbaik partai barat NBA minggu ini seperti dilansir nba.com. Predikat pemain terbaik sepekan bukan yang pertama kali ini diterima Harden. Sebab, penghargaan tersebut merupakan perolehan kedua runner-up pemain terbaik (MVP) musim lalu tersebut dari tiga minggu bergulirnya musim 2017/2018 NBA.

Mengenai penampilan Harden, pelatih utama Houston Rockets Mike D’Antoni sudah menduga The Beard akan garang dalam pertandingan tersebut.

“Kamu pasti sudah bisa melihatnya dari caranya bergerak dan menembakan tiga angka,” tutup D’Antoni. 

Penulis : Ivan Jonathan

Editor : Christoforus Ristianto

Foto : thedreamshake.com

Sumber : bleacherreport.com, espn.com, nba.com, sbnation.com, sports.yahoo.com, chron.com, thedreamshake.com