Gianluigi Buffon Tinggalkan Juventus di Akhir Musim

Kiper legendaris Gianluigi Buffon mengumumkan kepergiannya dari klub yang ia bela selama 17 tahun, Juventus, pada Kamis (17/05/18). (Sumber Foto: Sportskeeda.com)
Share:

TURIN, ULTIMAGZ.com Gianluigi Buffon mengumumkan akhir dari 17 tahun petualangannya bersama si “Nyonya Tua” dalam konferensi pers khusus yang digelar pihak klub pada Kamis (17/05/18). Namun, belum dapat dipastikan jika keputusan ini akan sekaligus mengakhiri karir Buffon sebagai pemain sepak bola. 

“Sabtu nanti akan menjadi pertandingan terakhir saya untuk Juventus,” terang Buffon dalam konferensi pers, dikutip dari Sky Sports.

Pertandingan kontra Hellas Verona pada pekan terakhir Serie A dipastikan akan menjadi laga terakhirnya bersama “Bianconeri“. Buffon berpendapat bahwa pertandingan tersebut akan menjadi akhir perjalanan yang mengesankan.

“Saat ini saya hanya fokus untuk memainkan laga di hari Sabtu nanti. Hingga beberapa hari lalu saya yakin saya akan berhenti untuk bermain, tetapi sekarang terdapat beberapa tawaran yang menarik,” terang Buffon.

Pria yang baru saja membawa Juventus menjuarai Serie A ke-34 kalinya itu menyebut beberapa nama yang akan menjadi suksesornya di Juventus.

Pada sektor palang pintu, Buffon yakin bahwa kiper asal Polandia Wojcieh Szczesny akan berkembang menjadi sosok yang sepadan dengan dirinya di bawah mistar gawang.  

“Dalam diri Szczesny, Juventus memilliki kiper yang tangguh. Dia juga lebih muda 13 tahun dari saya,” yakin Buffon.

Untuk posisi kapten tim, Buffon merasa Giorgio Chiellini layak menggantikannya karena memiliki karisma sebagai seorang pemimpin.

“Giorgio Chiellini adalah contoh sempurna bagaimana sosok seorang kapten Juventus. Dia selalu menjadi rujukan untuk saya. Saya berharap yang terbaik untuk dia,”

Didatangkan dari AC Parma dengan mahar 100 juta lira pada tahun 2001, Buffon memecahkan rekor transfer sebagai kiper termahal di dunia pada masanya. Dia dijuluki “Superman” karena kerap memakai kaus dalam berlogo superhero buatan D.C Comics itu.

Bersama Juventus, Buffon memecahkan rekor sebagai pemain yang paling sering meraih scudetto, yakni sebanyak 9 kali. Dia juga memegang rekor Serie A sebagai kiper yang tak pernah kebobolan selama 974 menit dan sukses mencatatkan 292 clean sheet dari 508 pertandingan.

Buffon juga menjadi pemain Italia dengan caps timnas terbanyak dengan 176 pertandingan serta berhasil membawa “Azzurri” menjuarai Piala Dunia pada tahun 2006.

 

Penulis: Naufal Abrori Suprapto

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Skysports.com, Goal.com, Twitter @JuventusEN

Foto: Sportskeeda.com