Gol Tunggal Rashford Menangkan United di Etihad

Share:

MANCHESTER, ULTIMAGZ.com – Manchester United sukses memenangkan laga bertajuk Manchester Derby kedua pada musim ini, setelah mengalahkan Manchester City dengan skor tipis 1-0 di Etihad Stadium, Minggu (20/3). Gol tunggal United dicetak oleh youngster Marcus Rashford di menit ke-16.

Baru tersingkirnya United dari ajang Europa League, menjadi perbandingan yang begitu kontras diantara kedua tim, mengingat sang lawan baru saja dipastikan lolos ke perempat final Liga Champions. Meskipun begitu, pasukan Louis van Gaal tak ragu untuk mencoba menguasai laga sejak menit awal.

Lebih sering terbentur pertahanan, serangan United gagal memberikan ancaman ke gawang Joe Hart di menit-menit awal. Sebaliknya, serangan City terlihat lebih efektif lewat agresivitas yang dilancarkan oleh Sergio Aguero dan Jesus Navas. Untungnya, David De Gea dan lini belakang United masih sigap dalam membendung serangan The Citizen.

Pada menit ke-16, lewat skema serangan balik, Marcus Rashford yang menerima umpan dari Juan Mata, berhasil mengelabui pemain bertahan City, Martin Demichelis. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Hart, pemain 18 tahun tersebut akhirnya mampu menceploskan bola ke jala City dan memberikan keunggulan bagi United 1-0.

Beberapa menit setelahnya, United memiliki satu peluang emas melalui tembakan Anthony Martial dari luar kotak penalti yang masih bisa ditepis oleh Hart. Selepas itu, City kembali melancarkan serangan dengan lebih leluasa meski nampak tak efektif melalui Aguero dan Yaya Toure yang tendangannya kerap off-target. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, laga berjalan semakin ketat. United menekan di awal-awal paruh kedua lewat aksi Rashford dan Martial yang membuat Hart harus bekerja lebih keras menjaga gawangnya hingga mengalami cedera. Alhasil, kiper utama tim nasional Inggris tersebut diganti oleh Willy Caballero di menit ke-50.

Sisa waktu babak kedua, The Citizens terus berusaha menekan untuk menyamakan kedudukan. Beberapa serangan sempat membahayakan gawang De Gea, termasuk sundulan Aguero yang mengenai tiang gawang di menit ke-66.

Hingga injury time enam menit, City gagal mencetak gol penyama kedudukan. Akhirnya, United yang bermain bertahan di menit-menit akhir sukses memastikan kemenangan tipis 1-0.

Dengan hasil ini,  The Red Devils tetap berada di posisi ke-6 klasemen Liga Primer Inggris, tertinggal 1 poin dengan City yang berada di peringkat ke-4. Kemenangan ini juga membuat United menyamai perolehan poin West Ham United yang berada di peringkat ke-5 dengan 50 poin, namun masih kalah dalam selisih gol.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Petrus Tomy

Foto: Michael Regan/Getty Images