Kalahkan Liverpool Lewat Adu Penalti, City Juarai Piala Liga

Share:

LONDON, ULTIMAGZ.com – Manchester City menjadi peraih gelar pertama di Britania Raya musim ini dengan menjuarai Piala Liga Inggris 2015/2016 usai mengalahkan Liverpool lewat babak adu penalti dengan skor penalti 3-1 di Wembley Stadium, Minggu (28/2). Sebelumnya, pada waktu normal dan perpanjangan waktu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Melalui babak adu penalti, The Citizens sukses membuat dominasi Liverpool sepanjang laga tak berarti apa-apa.

Tim asuhan Juergen Klopp yang mengandalkan trio Philippe Coutinho, Roberto Firmino, dan Daniel Sturridge lewat sokongan James Milner sebagai pengatur serangan, gagal memanfaatkan peluang-peluang mencetak gol di babak pertama. Bahkan, tak ada satu pun tembakan para pemain The Reds yang tepat mengarah ke gawang.

Sebaliknya, meski kurang dominan, kombinasi David Silva, Yaya Toure, Raheem Sterling, dan Sergio Aguero untuk City nampak lebih efektif dalam mengelola peluang. Walaupun demikian, mereka juga gagal mencetak satu gol pun dan membuat paruh pertama berakhir tanpa gol.

Baru pada awal babak kedua, umpan Aguero ke sisi kiri gawang Simon Mignolet berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Fernandinho untuk mencetak gol pemecah kebuntuan di menit ke-49. Skor 1-0 untuk City.

Tak hilang harapan, Liverpool yang terus berusaha menyamakan kedudukan, sukses membuat skor menjadi sama kuat 1-1 pada menit ke-83. Bola rebound hasil tendangan Adam Lallana yang membentur tiang, sukses diceploskan ke gawang oleh Coutinho. Ini adalah shot on-target pertama Liverpool di laga ini.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir dan harus dilanjutkan dengan babak perpanjangan.

Liverpool kembali menguasai 2 x 15 menit perpanjangan. Akan tetapi, beberapa peluang berhasil dipatahkan oleh kiper City Willy Caballero yang tampil gemilang di laga ini. Alhasil, skor seri 1-1 tetap bertahan hingga akhir babak perpanjangan. Pertandingan harus dilanjutkan dengan adu penalti.

Caballero kembali menjadi pahlawan dengan menggagalkan tiga eksekusi pemain Liverpool; Lucas Leiva, Coutinho, dan Lallana di babak adu penalti. Akhirnya, City memastikan gelar juara setelah eksekutor terakhir mereka Yaya Toure sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna dan menutup adu penalti dengan skor 3-1.

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: skysports.com