Kecerdikan Marquez Hasilkan Kemenangan di Ceko

Share:

BRNO, ULTIMAGZ.com – MotoGP kembali menggelar seri ke-9 di sirkuit Monster Energy Grand Prix, Ceko (08/06/17). Dalam seri kali ini, tim Repsol Honda berhasil keluar sebagai juara setelah Marc Marquez dan Dani Pedrosa finish di posisi pertama dan kedua. Adapun Maverick Vinales dan Valentino Rossi berada di posisi ketiga dan keempat.

Marquez, yang memulai jalannya balapan dari pole posisition harus bekerja keras sejak awal. Pasalnya, ia harus bersaing ketat dengan Jorge Lorenzo sejak balapan dimulai.

Namun, pada lap ketujuh, pebalap asal Spanyol ini berhasil mengamankan posisi pertama sekaligus mendominasi jalannya balapan. Sebab, ia dengan cerdik mengganti ban lebih cepat dari pada pebalap lainnya saat lintasan mulai mengering. Alhasil, Lorenzo, yang sebelumnya berada di posisi pertama harus terlempar ke posisi ke-18.

Tak hanya Lorenzo, Rossi dan Vinales juga turun ke posisi ke-13 dan 8 lantaran kurang siapnya tim mereka saat mengganti motor di lap ke-4. Kendati demikian, pada lap ke-13, Vinales berhasil merengsek ke posisi lima dan mengancam Cal Crutchlow dan Petrucci yang berada di posisi ketiga dan keempat.

Kala balapan tersisa 11 lap lagi, Marquez masih memimpin jalannya balapan. Disusul Pedrosa dan Vinales yang berhasil di posisi ketiga usai melewati persaingan dengan Cructhlow dan Petrucci. Ketiga pebalap tersebut sudah dipastikan meraih podium hingga balapan tersisa dua lap lagi.

Sementara Rossi, yang sebelumnya berada di posisi ke-13, kini sudah berada di belakang Cruthclow. Tak pelak, duel sengit memperebutkan tempat keempat tidak terhindarkan lagi. Alhasil, “The Doctor” berhasil mencundangi Crutchlow menjelang balapan berakhir.

Akhirnya, Marquez meraih podium pertama setelah tiga tahun tidak pernah menang di  Sirkuit Brno, disusul Pedrosa di tempat kedua, Vinales dan Rossi di tempat ketiga dan keempat.

Kemenangan ini menjadi kemenangan ketiga Marquez di musim ini, sekaligus kemenangan kedua beruntunnya setelah GP Jerman. Berkat kemenangan, ia berhasil menjaga posisi pertama dalam klasemen sementara dengan 154 poin. Disusul dengan Vinales dan Andrea Dovizioso ditempat kedua dan ketiga.

Penulis : Ridi F khan.

Editor : Christoforus Ristianto

Foto : crash.net

Sumber : detik.com, crash.net, motogp.com