Kepiawaian Pistons Bungkam Raja Timur NBA

Kyrie Irving (Kiri) sedang membawa bola dijaga oleh Avery Bradley (Kanan) kala pertandingan antara Boston Celtics dan Detroit Pistons, Senin (27/11/17) waktu setempat di TD Garden. Kyrie yang membela Celtics hendak melakukan penyerangan ke arah ring Pistons. (foto: freep.com)
Share:

BOSTON, ULTIMAGZ.com – Permainan konsisten Detroit Pistons musim ini kembali membuahkan kemenangan atas pemimpin klasemen partai timur Liga Basket Amerika Serikat (NBA), Boston Celtics, Senin (27/11/17) waktu setempat. Mempermalukan tim berlogo hijau tersebut di kandangnya, Pistons unggul 118-108 atas Celtics.

“Kami tahu kami telah mengalahkan sebuah tim yang bermain dengan amat baik musim ini, sebuah kemenangan yang sangat baik,” ungkap Pelatih Utama Detroit Pistons, Stan Van Gurdy dikutip dari nba.com.

Sejak mulai gim, Pistons bermain dengan dinamika penyerangan yang cenderung stabil, menyebabkan beberapa kali unggul atas Celtics. Pun demikian, pertandingan antara kedua tim ternilai sengit lantaran poin yang tidak pernah terpaut lebih dari 12 angka.

Pistons memulai pertandingan dengan ritme yang lebih cepat dari Celtics, meninggalkan Celtis dengan skor 31-23 pada bel akhir kuarter pertama. Celtics mulai dapat mengimbangi permainan Pistons sejak pertengahan kuarter kedua dengan tembakan tiga angka yang bertubi-tubi memasuki ring Pistons. Sayangnya, Celtics tertahan pada angka 108 hingga akhir gim tersebut.

Pertahanan Pistons juga ternilai baik kala kontes ini menyebabkan pentolan Celtics Kyrie Irving hanya berhasil membuahkan enam tembakan dari 16 kali percobaan. Pelatih utama Celtics Brad Stevens pun mengakui hal tersebut.

“Mereka berusaha mencuri bola dari Kyrie, dan mereka cukup berhasil melakukannya,” ujarnya dikutip espn.com.

Penyerangan Pistons pada gim ini cukup tajam. Pasalnya, beberapa pemain mendulang sejumlah angka mendukung kemenangan tersebut. Sebut saja eks pemain Celtics, Avery Bradley, yang menyumbangkan 13 angka untuk Pistons dengan dua kali mencetak tembakan tiga angka.

Selain itu, Permainan Tobias Harris yang menyumbangkan 31 poin untuk Pistons turut mengangkat kemenangan tersebut. Tak hanya itu, center utama Pistons, Andre Drummond, berhasil pula mencetak rekor pribadi dengan perolehan 26 poin, 22 rebounds, 6 assist, dan 4 steals.

“Ini pertandingan yang luar biasa,” pungkas Tobias pada akhir gim seperti dikutip nba.com.

Di sisi lain, Celtics tidak bermain garang seperti biasanya. Dari sisi penyerangan maupun pertahanan Celtics tidak bermain serapih Piston kali ini. Pun, pada gim ini Marcus Smart cukup berhasil mendongkrak permainan Celtics dengan menyumbang 23 poin untuk timnya.

Kemenangan ini menempatkan Pistons pada urutan kedua klasemen partai timur NBA, mengalahkan runner up finalis NBA musim lalu Cleaveland Cavaliers. Pistons dengan catatan 13 kali menang dan enam kali kalah musim ini mengejutkan pecinta bola basket lantaran menempati urutan kesepuluh klasemen partai timur akhir musim lalu. Gim ini menjadi penanda awal kelayakan tim asal Michigan, Amerika Serikat, tersebut pada playoffs NBA musim ini.

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Christoforus Ristianto

Foto: freep.com

Sumber: nba.com, wikipedia.com, espn.com, detroitbadboys.com, sportingnews.com, basketball-reference.com