Libas CLS Knights, Satria Muda Melaju ke Final IBL 2017

Pemain Satria Muda Pertamina Avan Seputra (kanan) melakukan pertahanan terhadap serangan pemain CLS Knights Surabaya Ashton Smith (kiri). Satria Muda Pertamina resmi melaju ke babak final IBL 2017 setelah menaklukkan CLS Knights Surabaya dalam laga ketiga Playoffs IBL 2017 di BritAma Arena, Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (23/04/17) malam.
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Satria Muda Pertamina dipastikan melaju ke babak final Indonesia Basketball League (IBL) 2017 setelah mengalahkan CLS Knights Surabaya dalam laga ketiga semifinal Divisi Merah yang berlangsung di BritAma Arena, Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (23/04/17) malam. Laga tersebut menjadi laga penentu setelah kemenangan CLS Knight pada laga pertama dan Satria Muda pada laga kedua.

Sejak awal pertandingan, baik Satria Muda maupun CLS menunjukkan performa terbaiknya. Bermain tanpa sang kapten Arki Dikania Wisnu karena cedera, guard Satria Muda menunjukkan tembakan-tembakan tajamnya. Tak mau kalah, CLS memberikan perlawanan. Kedua tim imbang 12-12 dalam kuarter pertama.

Pada kuarter kedua, terjadi saling balas poin antara kedua tim. Beberapa kali poin imbang 17-17, 22-22 dan 26-26. Sepuluh menit kedua tersebut ditutup dengan jarak poin yang akhirnya dibuat Satria Muda, 31-28.

Satria Muda semakin memanas pada kuarter ketiga. Dibuka dengan dunk Carlos Smith, Satria Muda semakin menambah jarak. Ditambah lagi dengan dua kali tembakan tiga poin berturut-turut oleh Kevin Jonas Sitorus dan satu kali tembakan tiga poin Avan Saputra sempat membuat Satria Muda unggul hingga 18 poin. Masuknya Sandy Febiansyakh di akhir kuarter tiga membuat CLS memangkas jarak menjadi hanya 13 poin. Tim asuhan Youbel Sondakh berhasil unggul 61-48 dari CLS pada akhir kuarter ketiga.

Pada kuarter keempat, sang juara bertahan mencoba bangkit mengungguli Satria Muda. Perlahan, CLS mengejar. Di waktu kurang dari satu menit, Satria Muda hanya unggul 3 poin 72-69 berkat aksi agresif Sandy dan Mario Wuysang cs. Kemungkinan CLS menyamakan kedudukan dihadang oleh ketatnya pertahanan Satria Muda dan tambahan dua poin dari tembakan bebas. Time out yang diambil CLS di dua detik terakhir tidak mengubah apa pun. Satria Muda unggul 74-69 sebagai hasil akhir pertandingan tersebut.

Di kubu Satria Muda, Carlos Smith menjadi bintang dengan 17 poin, 16 rebound, dan 1 assist. Sedangkan di kubu CLS, Duke Crews menjadi bintang dengan menyumbang 18 poin, 19 rebound, dan 3 assist.

Satria Muda akan melaju ke babak final IBL 2017 pada 4-7 Mei 2017. Nantinya, Satria Muda akan bertemu pemenang dari semifinal DIvisi Putih antara Aspac Jakarta dan Pelita Jaya Energi Mega Persada.

Penulis: Geofanni Nerissa Arviana

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: antarafoto.com

Sumber: antaranews.com, liputan6.com