Liverpool Hentikan Catatan Tak Terkalahkan City

Share:

LIVERPOOL, ULTIMAGZ.com – Liverpool berhasil menghentikan rekor tidak terkalahkan Manchester City di Liga Primer Inggris usai membungkam “The Citizens” lewat skor 4-3 dalam laga yang digelar di stadion Anfield, Minggu (14/01/18). Gol-gol “The Reds” dicetak oleh Alex Oxlaide Chamberlain, Roberto Firmino, Sadio Mane, dan Mohamed Salah; sebagaimana Leroy Sane, Bernardo Silva, dan Ilkay Gundogan menjadi penggawa City yang mencetak gol pada pertandingan ini.

Bermain tanpa Philippe Coutinho yang baru saja hijrah ke Barcelona, The Reds tetap dapat mengawali permainan dengan meyakinkan. Serangan berturut-turut yang diinisiasi oleh Salah dan Mane membuat pertahanan City harus berusaha ekstra keras untuk membendung gebrakan The Reds.

Liverpool menjadi tim yang sukses membuka skor terlebih dahulu, setelah Chamberlain mampu menaklukkan Kleberson pada menit ke-9. Memanfaatkan kesalahan dari Fabian Delph, pemain tim nasional Inggris itu melepaskan tembakan mendatar yang berakhir di pojok gawang City.

Keunggulan skor ini tak lantas membuat Liverpool puas. Peluang yang didapatkan oleh Salah dan Firmino pasca gol Chamberlain nyaris saja menggandakan keunggulan andai bisa diselesaikan dengan lebih baik.

Menjelang rampungnya babak pertama, peningkatan intensitas serangan dari City berujung pada imbangnya kedudukan di menit ke-40. Sane menjadi aktor utama dibalik gol ini, setelah mantan pemain Schalke itu mampu memperdaya Joe Gomez, dan melakukan tusukan yang diakhiri dengan sepakan keras ke gawang Loris Karius. Skor 1-1 terus bertahan hingga jeda pertandingan.

Masuk ke babak kedua, City menggiatkan usaha untuk membalikkan kedudukan. Kesempatan beruntun dari Sergio Aguero dan Nicolas Otamendi hampir membuat keunggulan berada di tangan City jika tidak digagalkan oleh tiang gawang dan kesigapan dari bek Liverpool.

Alih-alih hendak menyamakan kedudukan, City malah kembali tertinggal pada menit ke-59 usai Firmino kembali membawa The Reds unggul lewat serangan balik terukur. Ia melepaskan sebuah chip cantik yang bersarang di gawang City setelah mampu lepas dari kawalan John Stones.

Tidak perlu waktu lama, Liverpool kembali memperbesar keunggulannya melalui sepakan keras Mane. Pemain sayap berusia 25 tahun itu ikut menyumbangkan namanya di papan skor setelah mendapatkan umpan dari Salah, mengeksploitasi koordinasi buruk di pertahanan City.

6 menit berselang, publik Anfield kembali bersorak. Memanfaatkan kesalahan yang kembali dilakukan City, Salah melepaskan tembakan lambung jarak jauh yang tak dapat dijangkau Kleberson.

Tertinggal 3 gol, Guardiola pun memasukkan Bernardo untuk menggantikan Raheem Sterling, setelah eks Liverpool itu gagal memberikan pengaruh ke permainan City. Namun, efek dari pergantian ini tidak terlalu terasa karena banyaknya peluang yang disia-siakan oleh Kevin De Bruyne dan kawan-kawan.

Di 10 menit terakhir pertandingan, City makin beringas dalam menebar ancaman ke gawang Liverpool. Kedudukan pun berhasil diperkecil lewat gol Bernardo pada menit ke-84, yang secara leluasa menceploskan bola liar hasil sapuan yang tidak sempurna.

Memasuki waktu tambahan, Gundogan memperbesar harapan City untuk dapat mengejar, setelah umpan silang dari Aguero dapat ia konversi menjadi gol ke-3 City.

Pada detik-detik terakhir laga, Aguero hampir saja membawa timnya menyamakan kedudukan. Namun sayang, sundulan mantan menantu Diego Maradona itu hanya berakhir di samping gawang Liverpool. Bersamaan dengan terbuangnya peluang terakhir City, wasit pun meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Kekalahan ini membuat City harus merelakan status tak terkalahkannya sepanjang 22 laga di liga. Adapuun bagi Liverpool, ini menjadi kemenangan yang dapat meningkatkan moral, sekaligus memastikan mereka dapat terus membuntuti Manchester United yang ada di peringkat ke-2 klasemen sementara.

 

Penulis : Gilang Fajar Septian

Editor : Christoforus Ristianto

Sumber : Twitter.com/Squawka, Youtube.com, Standard.co.uk

Foto : Standard.co.uk