Nasib Sial Paksa Dovizioso Serahkan Gelar Juara Kepada Marquez

Marc Marquez berhasil meraih gelar juara dunia, di kampung halamannya sendiri, Spanyol (12/11).
Share:

VALENCIA, ULTIMAGZ.com – Marc Marquez memastikan gelar juara dunia Moto GP 2017 kembali ke Tanganyika pada seri terakhir di Sirkuit Racardo Tormo, Valencia, Spanyol (12/11). Gelar juara ini ia raih setelah rival terdekatnya Andrea Dovizioso harus terjatuh dan meraih DNF (Did Not Finish) saat balapan masih tersisa enam putaran lagi. Ini menjadi gelar juara keempat “The Baby Alien” sepanjang karirnya di Moto GP.

Memulai balapan dari pole posisition, Marquez langsung mendominasi jalannya balapan. Sedangkan, Dovizioso berada di posisi kesembilan. Hal ini, menjadi keuntungan bagi Marquez untuk merengkuh gelar juara.

Dovizioso yang berusaha meraih gelar pertamanya selama berkarir di MotoGP, langsung berusaha mengejar Marquez yang berada diposisi pertama. Usahanya pun berbuah manis. Ia berhasil merengsek naik ke posisi keenam saat memasuki putaran kedua.

Disisi lain, Johann Zarco berhasil merebut posisi pertama dari Marquez saat memasuki putaran ketiga. Hal ini membuat Marquez semakin terpacu memenangkan seri ini untuk menjadi juara dunia. Sedangkan, Dovizioso berhasil naik satu peringkat.

Sepanjang balapan, Dovizioso harus berkerja ekstra keras untuk bisa bersaing dengan Marquez memperebutkan gelar juara. Namun, sial bagi Dovizioso, ia tidak mampu melewati Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo yang berada di posisi ketiga dan keempat.

Menjelang berakhirnya seri Spanyol. Angin segar datang menghampiri Dovizioso. Saat berusaha melewati Zarco, Marquez gagal mengendalikan motornya. Beruntung bagi tim Repsol Honda, Marquez bisa kembali ke lintasan untuk melanjutkan balapan.

Berselang satu putaran kemudian, giliran Jorge Lorenzo yang mengalami tabrakan. Tidak lama kemudian, rekan satu timnya, Dovizioso ikut terjatuh. Hal itu, membuat harapan pebalap Ducati ini, merengkuh gelar juara untuk pertama kalinya pupus.

Mengetahui dirinya sudah berhasil menjuarai musim ini, Marquez langsung membuka jalan kepada Dani Pedrosa dan Johann Zarco untuk melewati garis finish terlebih dahulu. “The Baby Alien” pun mengakhiri seri ini di posisi tiga.

Marquez berhasil meraih 289 poin sepanjang musim 2017. Ia berhasil unggul 37 poin dari rival terdekatnya, Dovizioso, di posisi kedua. Ini menjadi gelar juara dunia keempat Marquez di kelas 250cc. Sebelumnya, Marquez berhasil menjadi juara MotoGP pada tahun 2013, 2014 dan 2016.

Selain itu, “The Baby Alien” berhasil mendapatkan rekor baru. Ia berhasil menjadi pembalap termuda yang berhasil meraih empat gelar juara dunia MotoGP saat berusia 24 tahun.

Selain pembalapnya yang berhasil merengkuh gelar juara dan rekor, Tim Repsol Honda turut meraih gelar tim terbaik sepanjang gelaran MotoGP musim 2017, dengan perolehan 357 poin. Disusul setelahnya tim Maverick Yamaha dengan 321 poin.

 

Penulis : Ridi F Khan

Editor : Hilel Hodawya

Foto : Twitter @MotoGP