Ryuji Utomo Susul Evan Dimas dan Ilham Udin Main Di Luar Negeri

Ryuji Utomo (baju merah) secara resmi akan melanjutkan petualangannya untuk membela salah satu klub Thailand, PTT Rayong, pada kompetisi musim 2018.
Share:

BANGKOK, ULTIMAGZ.COM – Performa apik pemain muda Indonesia dengan label Tim Nasional membuat klub-klub luar negeri tertarik mendatangkan mereka. Setelah Evan Dimas dan Ilham Udin bergabung dengan klub asal Malaysia Selangor FA, bek muda Ryuji Utomo akhirnya memutuskan untuk hijrah ke “Negeri Gajah Putih” dengan membela klub Thailand League 2,  PTT Rayong.

Ryuji ditemani oleh agen Gabriel Budi ketika menandatangani kontrak kerja di Bangkok, Thailand, Senin (4/12/17). Gabriel mengatakan, mantan pemain Persija Jakarta dan Arema FC itu terikat kontrak selama satu musim dengan opsi perpanjangan.

“Kontrak Ryuji semusim di Thailand. Klausul perpanjangan ada, tergantung nanti,” kata Gabriel dilansir dari CNNIndonesia.com. Ryuji juga dibebani dengan target membawa PTT Rayong promosi ke Thailand League 1. 

Dengan bergabung ke PTT Rayong, Gabriel mewakili Ryuji, mengucapkan rasa terima kasih kepada manajemen Persija yang rela melepas bek timnas itu untuk melebarkan kariernya di Thailand. Ryuji juga memiliki alasan utama, yaitu untuk membantu biaya pengobatan ayahnya yang sedang jatuh sakit.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan juga kepada Persija, terutama Pak Gede Widiade (Direktur Utama Persija),” ujar Gabriel.

“Alasan Ryuji bermain di luar negeri adalah untuk menambah pengalaman internasional dan untuk membiayai keluarganya, khususnya ayahnya, yang sedang sakit,” tambahnya.

Bersama PTT Rayong, Ryuji akan menerima bayaran dua kali lebih banyak dibanding saat bersama Persija Jakarta. Kekasih Ariel Tatum itu memiliki nilai kontrak sebesar Rp 800 juta saat bermain di Indonesia menurut catatan Transfermarket. 

Dengan demikian, Ryuji Utomo menambah daftar nama pesepak bola Indonesia yang bermain untuk klub luar negeri. Selain Evan Dimas dan Ilham Udin, ada nama Victor Igbonefo yang bermain untuk klub Thailand, Nakhon Ratchasima dan juga striker milik Almere City, Ezra Walian, yang bermain di Belanda.

Daftar tersebut diprediksi akan terus bertambah, mengingat masih ada Terens Puhiri yang sedang melakukan negosiasi kontrak dengan klub asal Kroasia. Adapun bek senior Achmad Jufriyanto beserta gelandang muda timnas Febri Haryadi dan Septian David Maulana juga diincar oleh klub-klub Liga Super Malaysia.

Penulis : Naufal Abrori Suprapto

Editor : Christoforus Ristianto

Foto : kompas.com (dok. Gabriel Budi)

Sumber : indosport.com, cnnindonesia.com, kompas.com