Siapa Pantas Jadi Runner-up Premier League?

Manchester United dan Liverpool akan memperebutkan posisi kedua di klasemen pada pertandingan pekan ke-30 Premier League, Sabtu (10/3/2018) di Old Trafford.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Manchester United (MU) akan segera menjamu Liverpool di Old Trafford pada pekan ke-30 Premier League, Sabtu (10/3/18). Pertemuan kedua mereka dalam musim ini akan menjadi laga yang cukup menegangkan sekaligus krusial. Bagaimana tidak? pertandingan antara dua klub tersukses di tanah Inggris ini diperkirakan bakal memiliki andil besar untuk menentukan pemegang posisi kedua di klasemen akhir musim. 

Melihat dominasi tidak terbantahkan Manchester City, ditambah dengan akhir musim yang semakin dekat, tidak ada salahnya untuk mengatakan jika MU dan Liverpool harus mulai mengatur strategi untuk dapat mengamankan posisi runner-up. Dengan selisih poin yang hanya berjarak dua angka, dua klub asal kota pelabuhan tersebut harus tampil habis-habisan saat berhadapan satu sama lain dalam beberapa jam kedepan. Sedikit saja kesalahan dapat berujung pada hilangnya kesempatan untuk nangkring di posisi kedua di akhir musim, atau lebih buruk lagi terlempar dari empat besar klasemen.

Pertahanan Terbaik Kontra Serangan Terganas

Bicara tentang MU, tentunya kita tak boleh melupakan fakta bahwa “Setan Merah” merupakan tim dengan jumlah kebobolan terendah kedua – hanya kalah baik dari Manchester City. Dalam 29 laga, pemegang 20 gelar juara Premier League tersebut hanya kebobolan 22 kali atau kurang dari 1 gol per laga. Terlepas dari pemainan timnya yang kerap disebut pragmatis, tak dapat dipungkiri jika Jose Mourinho mampu menghadirkan stabilitas di pertahanan MU lewat taktik yang ia racik.

Berlawanan dengan MU, Liverpool bisa dibilang merupakan salah satu tim top Eropa yang secara konstan menampilkan permainan atraktif di musim ini. Mengusung sepak bola “rock & roll“, Liverpool menjadi tim dengan jumlah gol terbanyak kedua di liga sejauh ini. Diberkahi dengan trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Roberto Firmino yang sedang garang, Liverpool bahkan sukses menjadi satu-satunya tim di liga yang berhasil menundukkan Manchester City.

Ada pun, keberingasan para penyerang “The Reds” tidak diimbangi dengan lini belakang yang memadai. Mungkin masih segar di ingatan bagaimana anak-anak asuh Jurgen Klopp nyaris membuang keunggulan 3 gol mereka ketika menjamu “The Citizens” 2 bulan lalu, atau berbagai kekalahan mengejutkan saat menghadapi tim yang di atas kertas dapat mereka kalahkan secara mudah. Atas dasar itulah juga Liverpool rela mengeluarkan uang dalam jumlah banyak demi menghadirkan bek Southampton, Virgil van Dijk, untuk memperkuat pertahanan mereka.

Siapa Akan isi Pos Runner-up?

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Faktor-faktor seperti konsistensi, kebugaran pemain, serta laga yang akan dijalani kedepannya akan menjadi permasalahan yang harus dihadapi demi mengejar peringkat kedua di akhir musim.

Berdasarkan beberapa faktor yang sudah disebutkan diatas, saat ini Liverpool bisa dikatakan lebih unggul dari MU. Dalam 5 laga terakhir di seluruh kompetisi yang dijalani, Salah dan kawan-kawan berhasil mengemas 4 kemenangan dengan catatan 13 gol yang bersarang di gawang lawan. Di sisi lain, MU hanya mampu membawa pulang 3 kemenangan dengan raihan 7 gol. Pada laga-laga menjelang akhir musim, kedua klub juga hanya akan berhadapan dengan tim yang mayoritasnya berada di papan tengah. Andai MU dan Liverpool sama-sama berhasil melaju jauh di Liga Champions, akan menarik untuk melihat bagaimana Mourinho dan Klopp melakukan rotasi untuk memastikan pemain mereka tetap bugar supaya tidak kehilangan fokus di fase krusial ini.

Walaupun secara statistik sedang berada dalam performa yang lebih baik dibandingkan MU, Liverpool tidak bisa mengesampingkan catatan baik yang dimiliki oleh rival mereka tersebut. Dari 5 pertemuan terakhir di Old Trafford, Liverpool hanya mampu mengalahkan MU sekali. Sisanya 2 kali imbang dan kalah. Berkaca dari pertemuan pertama di musim ini, MU juga boleh yakin dengan pertahanan yang mereka miliki setelah mampu menahan gempuran Liverpool di Anfield. Dibarengi dengan strategi serangan balik ataupun umpan-umpan lambung yang ditujukan pada Romelu Lukaku, bukan tidak mungkin MU mampu memaksimalkan kekurangan di lini pertahanan Liverpool.

Bagaimana menurut anda? apakah MU, Liverpool, atau justru tim lain yang akan menempati posisi runner-up di akhir klasemen?

 

Penulis: Billy Dewanda & Gilang Fajar Septian

Editor: Gilang Fajar Septian

Sumber: Viva.co.id, Skysports.com, Premierleague.com, 11v11.com, Twitter/OptaJoe

Foto: Bola.net