Taklukan Anderson, Rafael Nadal Raih Trofi ke-16 “Grand Slam”

Petenis dunia Rafael Nadal menaklukan petenis Afrika Selatan Kevin Anderson dalam kejuaraan final AS Terbuka. Berlangsung pada Minggu (10/09/17) di Arthur Ashe Stadium, New York, trofi yang diterima Nadal menandakan gelar "Grand Slam" ke-16 yang ia terima sepanjang kariernya.
Share:

NEW YORK, ULTIMAGZ.com – Usai menaklukkan Kevin Anderson dalam kejuaraan final tenis Amerika Serikat (AS) Terbuka, Minggu (10/9/17) waktu setempat, Rafael Nadal resmi mengantongi gelar Grand Slam ke-16nya. Berlangsung di Arthur Ashe Stadium, New York, laga ini juga menandakan kemenangan keduanya dari tiga kali penampilannya dalam turnamen Grand Slam tahun ini.

“Apa yang terjadi tahun ini sangat di luar dugaan saya,” ujar Nadal usai duel tersebut seperti dikutip bbc.com.

Predikat ini merupakan kemenangan serial pemain asal Spanyol ini. Dalam kesempatan sebelumnya, Nadal berhasil membekuk Stan Wawrinka pada laga Perancis Terbuka Juni lalu.

Trofi ini menandai pencapaian karier Nadal yang telah meraih 16 kali kemenangan dari 23 kali bertanding di babak final. Kemenangannya atas Anderson kali ini merupakan kemenangan AS Terbuka ketiganya.

Adapun, Nadal memenangkan sepuluh predikat Perancis Terbuka, tiga AS Terbuka, dua Wimbledon, dan satu Australia Terbuka.

Kompetitornya, Kevin Anderson menyatakan kekaguman atas permainan pria berumur 31 tahun tersebut. Dilansir dari espn.com, Anderson mengakui bahwa Nadal telah berhasil menunjukkan pada banyak orang bahwa tidak mudah memenangkan pertandingan melawan pemain sekelas Nadal.

Nadal unggul 6-3, 6-3, 6-4 atas Anderson dengan hanya sebelas kesalahan pribadi. Sementara Anderson melakukan 40 kesalahan pribadi selama pertandingan berlangsung. Kemenangan ini juga semakin mendekatkan Nadal dengan pesaingnya, Roger Federer yang menyandang 19 titel Grand Slam. Nadal yang kini menempati posisi kedua dengan terpaut tiga trofi dari Federer.

Persaingan Nadal dan Federer tampak dari pertarungan keduanya pada turnamen Grand Slam tahun ini. Keduanya sama-sama mengantongi dua trofi Grand Slam pada musim ini. Federer mengalahkan Nadal pada Australia Terbuka dan menjuarai Wimbledon. Di sisi lain, Nadal memenangkan Perancis Terbuka dan AS Terbuka.

Kemenangan Nadal atas Anderson ini didedikasikan kepada pelatih sekaligus paman Nadal, Toni Nadal. Pertandingan ini juga mengakhiri hubungan profesional antara Toni dan Nadal dengan Carlos Moya yang akan melatih Nadal pada musim 2018 mendatang.

Penulis: Ivan Jonathan

Editor: Christian Karnanda Yang

Foto: hindustantimes.com

Sumber: antaranews.com, bbc.com, espn.com, telegraph.uk, nytimes.com