Timnas Indonesia Akui Ketangguhan Islandia

Ilham Udin melakukan selebrasi setelah mencetak gol pada menit ke-29. Namun, Indonesia harus mengakui kualitas timnas Islandia dengan skor telak 1-4 pada akhir pertandingan persahabatan yang dilaksanakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Minggu (14/1). (foto: KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Share:

JAKARTA, ULTIMAGZ.com – Tim Nasional Indonesia harus mengakui ketangguhan Tim Nasional Islandia dengan skor akhir 1-4 pada pertandingan persahabatan yang dilakukan pada Minggu malam (14/1) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat.

Sejak pertandingan dimulai, kedua tim bermain dengan tempo yang lambat. Taktik berbeda ditampilkan kedua tim, Indonesia bermain dengan operan-operan pendek, sedangkan Islandia lebih banyak melakukan umpan-umpan terobosan.

Pada menit ke-29, para penonton bersorak setelah Ilham Udin Armayn berhasil mencetak gol ke gawang Islandia. Bermula dari Febri Hariyadi yang memberikan umpan ke dalam kotak penalti, kemudian bola tidak ditangkap dengan sempurna oleh Runar Alex Runarsson. Dengan sigap, Ilham Udin berhasil mencetak gol dan membuat Indonesia unggul 1-0.

Islandia terus menyerang walau tertinggal skor. Albert Gudmundsson yang merupakan pemain pengganti berhasil menyamakan skor. Ia memanfaatkan bola muntah yang sempat ditepis oleh Andritany Ardhiyasa.

Di babak kedua, kedua tim melakukan beberapa pergantian pemain. Hal ini membuat permainan Islandia semakin berkembang dan bengis, terbukti dari Arnor Smarason yang berhasil membuat Islandia unggul pada menit ke-59. Bola muntah yang bermula dari sepakan pojok berhasil dimanfaatkannya dan menambah angka bagi Islandia.

Alih-alih ingin menyamakan kedudukan, Indonesia kian tertinggal usai Islandia memperlebar jarak melalui sepakan penalti yang terjadi pada menit ke-66 karena pelanggaran yang dibuat Hansamu di kotak terlarang. Andritany yang diharapkan mampu membendung sepakan Gudmundsson pun gagal dan membuat Indonesia tertinggal lebih jauh, 3-1.

Gebrakan Gudmundsson tak berhenti, ia berhasil mencetak hat-trick lima menit setelah gol keduanya. Pemain asal PSV Eindhoven ini berhasil menyontek bola ke arah tiang jauh dan mengubah skor akhir menjadi 4-1.

Kemenangan 4-1 ini merupakan kemenangan kedua timnas Islandia atas Indonesia. Sebelumnya, Islandia menang 6-0 atas Indonesia Selection di Stadion Maguwaharjo, Kamis (11/1).

Di sisi lain, pertandingan timnas Islandia melawan timnas Indonesia ini merupakan pertandingan pertama yang digelar di SUGBK setelah renovasi yang dilakukan selama 16 bulan. Sebelum pertandingan dimulai, Presiden Joko Widodo meresmikan hasil renovasi dengan penandatanganan batu.

Penulis : Aldo Sitanggang

Editor : Christoforus Ristianto

Foto : Kompas.com