Ubah Pola Permainan, Cavaliers Melaju ke Final Wilayah Timur

Perayaan, LeBron James dan Kyrie Irving Mengungkapkan rasa gembira dengan berpelukan akan kemenangan mereka atas Hawks.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Cleveland Cavaliers sebagai tim tamu berhasil mengalahkan Atlanta Hawks dalam babak semifinal pertandingan keempat wilayah Timur dengan skor akhir 100-99 di Phillips Arena, Senin (9/5) lalu. Yang menjadi hal menarik adalah pada Playoffs, Cavs melakukan perubahan yang signifikan, dan lantas memiliki “rasa” permainan Golden State Warriors.

Dengan kemenangan ini, Cavs berhak maju ke babak final wilayah Timur. Sebelumnya, Cavs mengalahkan Detroit Pistons pada babak pertama seri Playoffs Timur, dengan memperoleh sweep juga.

Aman dikatakan bahwa Cavs pada seri Playoffs ini tampil sangat apik dan berbeda ketika mereka menjalani musim reguler. Pergerakan bola yang jauh lebih baik dan perubahan pola permainan menjadi faktor pembeda penampilan Cavs, yang belum terkalahkan di Playoffs ini.

Cavs mengadaptasi pola permainan Warriors yang khas akan ancaman jarak jauhnya. Namun hasilnya, justru Cavs dapat melampaui Warriors. Hingga semifinal, 77 3-pointer telah tercipta dalam empat pertandingan.

Kevin Love, J.R Smith, Channing Frye, dan Kyrie Irving adalah nama-nama penembak jitu Cavs. Sedangkan LeBron James lebih berperan sebagai fasilitator dan pencipta kesempatan bagi keempat nama tersebut. LeBron yang terkenal akan tubuh besar dan selalu mencari kesempatan untuk melakukan drive in layup ataupun dunks, akan lebih berfokus di wilayah bercat ataupun wilayah 2-pointers.

Namun, di saat yang sama, LeBron juga memiliki kemampuan passing yang sangat luar biasa. Strateginya, ia hanya perlu mengoper bola ke wilayah 3-pointer, dimana Love, Smith, Frye, dan Irving telah bersiap untuk mencetak angka.

Pada intinya, Cavs mengadaptasi pola serangan jarak jauh Warriors dengan menyesuaikan permainan dan pemain mereka. Tujuannya, tetaplah memperbanyak 3-pointer dalam papan skor.

Cavs juga memiliki kemungkinan untuk melakukan sweep lagi pada seri final wilayah Timur. Cavs memiliki waktu istirahat yang lebih dari cukup. Selain itu, calon lawan mereka yakni Miami Heat atau Toronto Raptors sedang bertarung sengit untuk melaju ke final, dan hal tersebut dapat membuat salah satu dari keduanya kelelahan.

Pasalnya, duel Heat dan Raptors berpotensi lanjut hingga laga ketujuh Saat ini, Heat dan Raptors masing-masing memperoleh dua kemenangan dari empat laga.

 

Penulis: Evan Andraws

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: NBA.com

Foto: NBA.com