Cara Melepas Depresi Usai Putus Asmara

(Lewatmana.com)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Putus cinta seringkali menimbulkan luka mendalam di hati. Beberapa perubahan yang terjadi secara cepat membuat diri tidak bisa menyesuaikan dengan suasana yang berbeda. Perasaan sedih, kecewa, dan amarah yang bercampur aduk membuat diri menjadi malas untuk beraktivitas dan tak bersemangat dalam menjalani aktifitas.

Dari dampaknya, tak mengherankan kasus bunuh diri sering disebabkan oleh putus asmara. Sebab, ketika berpisah dengan pasangan, kondisi emosional menjadi tidak stabil sehingga sangat sulit untuk berfikir jernih dan positif. Namun, semua itu bisa dengan melakukan tips berikut :

1. Cari Kesibukan

Berhenti mengurung diri di dalam kamar! Carilah kegiatan positif untuk menyibukkan diri, apapun itu. Dengan menyibukkan diri, pikiran akan terfokus pada hal lain sehingga perlahan akan melupakan masalah putus asmara. Lakukanlah kegiatan seperti membaca, menulis, vlogging, nonton film, masak, spa, olah raga, dan masih banyak lagi. Utamakan kegiatan yang berbau outdoor untuk menjernihkan pikiran, dan jangan lupa untuk bercengkerama dengan orang-orang di sekitar.

2. Putar Lagu Up-Beat

Dengarkan lagu-lagu yang liriknya memotivasi dan memberi semangat. Berhenti mendengarkan lagu galau yang liriknya berisikan kesedihan dan keputusasaan. Mendengarkan lagu sedih hanya akan membuat perasaan semakin sedih dan terpuruk. Cobalah nyanyikan lagu bahagia dan memotivasi. Perlahan, pikiran akan memerintahkan diri untuk bangkit dari keterpurukan dan kembali menjalani hidup dengan semangat.

3. Berdoa

Ada ungkapan “jodoh di tangan Tuhan”. Berdoalah pada-Nya untuk mendapatkan pasangan terbaik sekaligus dorongan semangat baru untuk bangkit dari keterpurukan. Tetaplah percaya bahwa Tuhan akan selalu mendengarkan doa umat-Nya dan tidak akan meninggalkan umat-Nya terkubur dalam kesedihan.

4. Ubah Penampilan

Tidak ada salahnya merombak penampilan agar merasa lebih fresh. Ibaratnya seperti meninggalkan segala kenangan lampau dan mencoba menjalani hal baru. Cobalah untuk mengubah potongan maupun warna rambut, tampilan busana, atau makeup. Lakukan apapun yang membuat diri lebih segar dan percaya diri.

5. Curhat

Sekuat apapun manusia mencoba menyimpan masalahnya, tetap saja pada akhirnya akan memerlukan teman bicara. Ketika putus asmara, cobalah untuk mencurahkan isi hati kepada orang-orang yang dipercaya seperti orang tua hingga sahabat. Tentu mereka akan mencoba untuk mengerti dan memberikan masukan terbaik untukmu.

6. Maafkan Dirimu dan Dirinya

Ketika putus asmara, emosi akan memuncak, dan kita akan berusaha untuk mengungkit kesalahan orang tersebut. Hal itu hanyalah cara emosi dan gengsi untuk mengatakan bahwa kamu sesungguhnya tidak ingin berpisah. Sesama manusia tentunya pernah berbuat salah, terutama dalam menjalin hubungan. Memaafkan orang lain memang sulit, oleh karena itu, maafkanlah kesalahan diri sendiri sebelum memaafkan orang lain. Buang gengsimu, dan minta maaflah terlebih dahulu.

7. Hapus Kenangan

Berhenti memandangi foto dan video dengannya! Paksa diri untuk melupakan semua kenangan meski secara perlahan. Hapus semua video, foto, dan memo dengannya. Cobalah untuk membuka lembaran baru. Jadikan kenangan lalu sebagai pelajaran untuk hubungan selanjutnya.

Nah, itulah beberapa saran untuk melepas depresi usai putus asmara. Semoga bermanfaat dan kamu bisa membuka lembar hidup baru. Semangat!

 

Penulis : Theresia Bella Callista

Editor : Gilang Fajar Septian

Foto : Lewatmana.com