Semakin Dewasa Lingkaran Pertemanan Semakin Kecil?

Share:

SERPONG,ULTIMAGZ.com – Bersosialisasi adalah salah satu harmoni dalam kebutuhan dasar manusia. Salah satu cara terbaik dalam bersosialisasi adalah dengan menjalin pertemanan. Tapi sadarkah kalian bahwa semakin dewasa seseorang, maka semakin kecil pula lingkaran pertemanan itu?

Semakin hari anda akan menyadari bahwa orang-orang yang dulunya dekat bisa menjadi seseorang yang anda tidak ketahui kabarnya kini. Hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari pilihan jalan hidup yang berbeda, kesibukan masing-masing, skala prioritas, dan alasan pribadi lainnya.

Di satu sisi, kalian akan merasa sedih karena hanya memiliki segelintir orang dalam lingkaran pertemanan kalian. Tapi di sisi lain kalian bisa mengambil nilai positif dalam hal ini karena akan menjadi lebihmudah untuk memahami siapa saja yang tulus berteman dengan kalian.

Laura Carstensen, psikologis di Stanford University mengatakan bahwa semakin dewasa seseorang, ia akan semakin selektif dalam lingkaran sosialnya dan cenderung mempertahankan hubungan hanya yang benar-benar memberikan kepuasan emosional untuknya.

Selain itu, memiliki lebih sedikit teman mempunyai keuntungan tersendiri, salah satunya adalah lebih sedikit konflik yang muncul. Tentu saja konflik yang terjadi dalam pertemanan kalian akan lebih sedikit, karena jumlah orangnya pun lebih sedikit. Kasusnya akan berbeda pada setiap orang, namun dengan jumlah teman yang lebih sedikit akan memudahkan kalian untuk lebih mengenal, memahami, dan saling berbagi satu sama lain. Dengan begitu maka kalian dapat menjalin hubungan pertemanan yang lebih intim dan harmonis.

George Washington mengatakan bahwa persahabatan bak sebuah tanaman yang tumbuh perlahan, ia akan berusaha berjalan ke depan dan menahan semua rintangan sebelum sampai ke tempat tujuan.

Jadi, tidak perlu merasa sedih karena lingkaran pertemanan kalian menjadi lebih sedikit dibandingkan dahulu. Karena yang terpenting bukanlah berapa jumlah teman yang kalian miliki sekarang, tetapi seberapa besar usaha kalian untuk menjaga dan menikmati pertemanan tersebut.

Penulis: Natalia Setiawan

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: www.newsread.in