Dovizioso Pecundangi Dua Pebalap Yamaha di Mugello

Share:

MUGELLO, ULTIMAGZ.com – Andrea Dovizioso mengejutkan penggemar MotoGP usai mencundangi dua pebalap Movistar Yamaha Maverick Vinales dan Valentino Rossi di sirkuit Mugello, Italia, Minggu (04/06/17). Vinales dan Rossi yang digadang-gadang akan menjuarai GP Italia kali ini hanya mampu berada posisi kedua dan keempat.

Sejak balapan dimulai, Rossi yang berada pada posisi kedua mampu mencuri posisi pertama dari Vinales yang berada di pole position. Namun, di lap kedua, Jorge Lorenzo berhasil membuat kejuta saat dirinya sukses menyalip “The Doctor”. Sayangnya, Lorenzo hanya mampu mempertahankan posisinya sepanjang lap kedua saja.

Masuk ke lap ketiga, Vinales dan Rossi kembali bersaing untuk memperebutkan posisi pertama. Akan tetapi, Dovizioso kemudian memanaskan balapan dengan berhasil menyalip Rossi dan Lorenzo yang berada di posisi kedua dan ketiga.

Sebelumnya, pebalap asal Italia ini  juga membuat Vinales ketakutan saat mulainya balapan. Pasalnya, ia sempat beberapa kali hampir melewati Vinales di setiap tikungan. Tak ayal, lambat laun Dovizioso berhasil merebut posisi pertama dari Vinales, disusul oleh rekan satu timnya Danilo Petrucci yang sempat berduel ketat dengan Rossi.

Persaingan ketat dalam perebutan posisi kedua pun terjadi, salip menyalip antara Petrucci, Vinales dan Rossi tidak mampu dihindarkan. Menyadari persaingan ketiga pebalap tersesbut, Dovizioso lantas dengan cepat meninggalkan para pesaingnya. Dengan balapan yang cukup alot, alhasil, posisi kedua berhasil dimenangkan oleh Vinales.

Di akhir balapan, Dovizioso yang berada di atas angin pun lantas menjuarai seri Italia ini, disusul  Vinales yang berada di posisi kedua dan rekan setimnya Petrucci di posisi ketiga.

Di sisi lain, dua pebalap Repsol Honda Marc Marquez dan Dani Pedrosa berserta sang “rookie” Johann Zarco tidak mampu bersaing dalam seri kali ini. Marquez hanya bisa menyelesaikan balapan ini pada posisi keenam, disusul dengan Zarco yang berada pada posisi ketujuh.

Sedangkan Pedrosa terpaksa meraih DNF (Did Not Finish) setelah terjatuh dan menabrak Cal Crutchlow pada lap terakhir.

Berkat kemenangan ini, Dovizioso mampu menggeser Rossi dari posisi kedua klasemen sementara. Sedangkan Vinales yang meraih posisi kedua masih bertengger di puncak klasemen sementara MotoGP 2017.

Penulis : Ridi F Khan

Editor : Christoforus Ristianto

Foto : crash.net

Sumber : crash.net, motogp.com