Duo Yamaha Jatuh, Marquez Pastikan Gelar Juara Dunia di Sirkuit Motegi

Share:

MOTEGI, JEPANG, ULTIMAGZ.com – Marc Marquez akhirnya memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2016, usai memenangi GP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, Minggu (16/10). Kepastian pebalap dari Repsol Honda Team merengkuh gelar tersebut menjadi keberuntungan dan “pesta lebih awal”, pasalnya duo Yamaha, pesaing di klasemen pebalap sementara, terjatuh pada balapan ini.

Marquez sukses finish di posisi terdepan disusul oleh pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso dan wonderkid Suzuki Ecstar Team, Maverick Vinales di posisi podium. Duo pebalap Movistar Yamaha MotoGP, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, pesaing terdekat Marquez di klasemen sementara, mengalami kecelakaan dan tak dapat melanjutkan balapan.

Alhasil, Marquez dipastikan merengkuh gelar juara dunia untuk ketiga kalinya setelah 2013 dan 2014. Pasalnya, Marquez unggul dengan 273 poin, berbeda 77 poin di atas Rossi dan tidak mungkin terkejar dengan tiga seri tersisa.

Hal ini menjadi keberuntungan sekaligus “pesta lebih awal” bagi Marquez, sebab andaikan Lorenzo berhasil meraih dua poin saja pada balapan ini, gelar juara belum dapat dipastikan untuknya. The baby alien bahkan sempat mengungkapkan perasaannya tentang hal tersebut.

“Ketika tadi saya melihat Rossi out, saya pun menggeber untuk meraih kemenangan. Kemudian ketika saya melihat Lorenzo juga out, saya jadi membuat kesalahan pada 4-5 tikungan. Sulit sekali berkonsentrasi,” ungkap Marquez dikutip dari Crash.

Jatuhnya Lorenzo saat menjelang berakhirnya balapan membuat penonton lantas terkejut. Pasalnya, tidak ada  yang menyangka gelar juara akan langsung menjadi milik Marquez. Padahal, persaingan perebutan gelar juara diprediksi masih akan terus berlanjut hingga seri-seri berikutnya jika Lorenzo tak jatuh dan finish di posisi kedua pada balapan ini.

Menjadi juara MotoGP 2016 merupakan raihan fantastis bagi Marquez. Pasalnya, dalam usia 23 tahun, ia telah mengoleksi tiga gelar juara dunia balap motor paling bergengsi ini.

“Ini merupakan sebuah perasaan luar biasa. Saya tidak menyangka-nyangka,” tutup pebalap asal Spanyol tersebut. 

 

Penulis: Richard Joe Sunarta

Editor: Christoforus Ristianto

Sumber: crash.net, sport.detik.com, olahraga.kompas.com

Foto: Mirco Lazzari/Getty Images