Pemda Sumsel Bangun Sirkuit untuk MotoGP

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Tidak lama lagi, Indonesia berkemungkinan menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP dalam salah satu serinya. Namun, bukanlah di Sirkuit Sentul, Bogor yang biasa kita ketahui. Adalah sirkuit di kompleks olahraga Jakabaring, Palembang, Sumatra Selatan yang berpotensi menjadi tempat digelarnya ajang balap motor bergengsi tersebut.

Sirkuit ini dibangun di atas tanah seluas 120 hektare dan disesuaikan dengan syarat yang ditetapkan Dorna Sports sebagai pemegang lisensi tetap dari MotoGP. Meski demikian, Alex Noerdin selaku gubernur Sumatra Selatan (Sumsel) menyatakan bahwa saat ini, lahan masih berupa rawa-rawa. “Nanti kita sulap jadi sirkuit. Jadi, pada bulan Oktober atau November 2018 sudah bisa digunakan untuk MotoGP. Lahan tersebut ada diseberang danau,” ujar Alex saat ditemui di Sepang, Malaysia, Minggu (30/10/16), dikutip dari Kompas.com.

Pembangunan sirkuit merupakan hasil kerja sama dari pihak pemerintah daerah (pemda) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan insinyur asal Jerman, Hermann Tilke selaku perancang sirkuit. Pembangunan ini disinyalir menelan biaya sebesar 500 miliar Rupiah, yang merupakan 100 persen murni investasi dari pihak swasta dan bukan dari APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Sumsel.

Alex pun mengatakan, lahan ini sebelumnya ingin dijadikan lapangan golf, namun hal ini diurungkan olehnya.”Pertimbangan kami golf itu hanya untuk kalangan tertentu dan terbatas. Penontonnya saja tidak boleh jika ingin tepuk tangan. Lalu diputuskanlah akhirnya membuat sirkuit,” tambah Alex.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa menambahkan, untuk mengejar target waktu tersebut, peletakan batu pertama atau ground breaking dan pembangunan, sudah harus dimulai pada Februari 2017.

 

 

Penulis: Stefanny

Editor: Alif Gusti Mahardika

Foto: sumsel.tribunnews.com

Sumber: Kompas.com