Volkswagen Segera Hentikan Produksi Scirocco dan Beetle

Dua mobil ikonik Volkswagen, Beetle dan Scirocco akan segera dihentikan produksinya oleh Volkswagen. Hal ini dikarenakan penurunan drastis volume penjualan dan perubahan fokus Volkswagen dalam produksi mobilnya.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Dua mobil ikonik Volkswagen (VW) yakni Scirocco dan Beetle harus bersiap tutup usia. Pihak VW menegaskan tidak akan melanjutkan produksi kedua mobil ini. Pihak Volkswagen beralasan volume penjualan kedua model yang rendah dan keinginan VW untuk memfokuskan pada produksi model-model lain membuat kedua produk ini akan dihentikan produksinya segera.

Dilansir dari autonetmagz.com, salah satu dewan merek Volkswagen, Arno Antlitz mengonfirmasi kabar ini.

“Beetle dan Scirocco adalah perwakilan VW untuk kelas kendaraan yang memiliki daya tarik, daya pikat, dan unsur emosional, tapi bukan berarti kita akan meneruskan perjalanan kendaraan dari satu generasi ke generasi berikutnya,” ujarnya meyakinkan bahwa VW Beetle dan Scirocco tidak akan mengalami pergantian model dan dilanjutkan produksinya.

Tak hanya alasan-alasan tersebut, keputusan ini diduga akibat dari krisis ‘Dieselgate’ yang berkaitan dengan kecurangan VW terkait pemasangan alat manipulasi tingkat gas buang atau emisi yang tidak sesuai dengan standar emisi kendaraan bermotor Amerika Serikat yang ditemukan pada mesin diesel produksi Volkswagen beberapa waktu lalu.

Krisis ini membuat Volkswagen harus membayar denda dalam jumlah yang fantastis sampai 18 milyar Dollar Amerika dan menyebabkan kerugian finansial yang besar. Selain itu, tingkat penjualan yang rendah juga disinyalir menjadi penyebab penghentian produksi ini. Dengan jumlah penjualan 25.000 unit untuk VW Beetle dan 11.000 unit untuk VW Scirocco di Eropa, jumlah ini jauh lebih rendah dibandingkan model lain dari Volkswagen seperti Golf, Polo, dan Tiguan.

Penulis: Christian Karnanda Yang

Editor: Kezia Maharani Sutikno

Foto: autobild.de 

Sumber: thedrive.com, autonetmagz.com, bbc.com, focus2move.com