A Quiet Place: Horor Minim Sadis Tanpa Mistis

(Foto: outincanberra.com.au)
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com – Dunia Hollywood kali ini disuguhkan dengan tayangan segar. Bagaimana tidak, film A Quiet Place garapan John Krasinski sukses membawakan film horor/thriller tanpa menampilkan adegan sadis maupun mistis. Dapat terlihat dari trailer, film ini menampilkan cukup banyak adegan menegangkan maupun jumpscare (gambar muncul tiba-tiba dan mengagetkan) dengan suara alami.

Film ini berfokus pada perjuangan sebuah keluarga yang hidup di masa ketika bumi diserang mahluk extra-terrestrial yang dapat memburu siapa pun yang mengeluarkan suara. Hal ini mewajibkan seluruh anggota keluarga hidup dalam kesunyian. Mereka hampir tidak mengeluarkan suara sama sekali bahkan untuk berjalan sekali pun.

(Foto: rogerebert.com)

Menariknya, efek suara alamlah yang menjadi fokus di sepanjang film ini, seperti tapakan kaki di pasir, suara pil obat yang digerakan, suara percikan air, maupun suara nafas dari para tokoh. Film ini juga hanya sesekali menyisipkan latar belakang musik horor dan lebih banyak menggunakan kesunyian sebagai efek tegang. Penonton akan melihat para aktor berkomunikasi dengan bahasa isyarat hampir di sepanjang film.

Jumpscare yang dihadirkan dalam film dengan rating IMDB 8.1/10 dan 95% di rottentomatoes ini patut diacungi jempol lantaran penonton akan merasakan ketegangan hingga akhir film. Bahkan dalam salah satu adegan di awal cerita, meski sudah dapat diterka penonton, John Kransinski berhasil mengagetkan penonton hanya dengan adegan lampu yang pecah.

Tidak hanya horor, film ini juga mengandung unsur kekeluargaan. Film ini berhasil membuktikan bahwa ketakutan terbesar orang tua ialah ketika tidak dapat melindungi anak-anaknya.

“Aku bermain sebagai seorang ibu yang mengalami satu hal yang menjadi ketakutan terbesarku, yakni bahwa kamu tak bisa melindungi anakmu,” tutur Emily Blunt seperti dilansir liputan6.com.

Hal tersebut turut diucapkan pemeran utama yang berperan sebagai suami-istri dalam film maupun di dunia nyata, John Krasinski dan Emily Blunt. Meski sempat ragu untuk beradu perang bersama, keraguan pasangan yang telah delapan tahun menikah ini tidak terbukti.

(Foto: horrorbuzz.com)

Hal menarik lainnya ialah Millicent Simmonds, sosok anak sulung perempuan dalam keluarga yang ternyata tunarungu seperti peran yang dimainkannya. Bahkan para aktor turut berlatih bahasa isyarat bersama Millicent yang telah kehilangan pendengarannya sejak bayi, seperti yang dilansir dari Arizona Daily Star.

 

Penulis: Gabrielle Alicia Wynne Pribadi

Editor: Geofanni Nerissa Arviana

Foto: rogerebert.com, horrorbuzz.com, outincanberra.com.au

Sumber: tucson.com, imdb.com, rottentomatoes.com, liputan6.com