Dua Sineas Perempuan Indonesia Raih Penghargaan International Film Festival Tokyo FILMeX

Film garapan sutradara Kamila Andini, The Seen and Unseen, yang bercerita tentang pengalaman spiritual dua anak kembali asal Bali, Tantri dan Tantra. Diperankan oleh deretan aktor Thaly Titi Kasih, Gus Sena, Ayu Laksmi, I Ketut Rina, hingga Happy Salma.
Share:

TOKYO, ULTIMAGZ.com — Film karya dua sineas perempuan, Mouly Surya (Marlina The Murderer In Four Acts) dan Kamila Andini (The Seen and Unseen), memenangkan penghargaan Grand Prize dalam Tokyo FILMeX, Sabtu (25/11/2017). Kedua sutradara film ini juga sekaligus mendapatkan hadiah sejumlah uang tunai sebesar 750.000 yen dari penyelenggara acara.

Kedua film ini memang pertama kali ditayangkan ke publik pada acara festival internasional. Marlina diputar pertama kali pada sesi Director’s Fortnight Cannes dan Film drama The Seen and Unseen Kamila Andini tayang perdana di festival film Vancouver, Toronto, dan Busan dalam waktu yang berdekatan.

“Untuk pertama kalinya film Indonesia masuk dalam kompetisi Tokyo Filmex International Film Festival @tokyofilmex dan ada dua! Dan coba tebak, kami berdua memenangkan Grand Prize!,” tulis Mouly Surya dalam keterangan foto yang dia unggah di akun Instagram-nya.

Kedua film ini juga berhasil masuk nominasi Asia Pacific Screen Awards, yakni untuk Mouly Surya dalam kategori penyutradaraan terbaik di film Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak dan The Seen and Unseen untuk kategori film anak muda terbaik.

Tak pelak, sejumlah tuaian dari beberapa sineas ternama Tanah Air lainnya pun ikut meramaikan keberhasilan kedua perempuan ini, salah satunya sutradara film Pengabdi Setan Joko Anwar dalam akun Twitternya.

“Sementara banyak film Indonesia dibuat dengan asal, abaikan teknis apalagi estetika, hanya coba ambil duit penonton, beruntung masih ada filmmaker yg bikin film dgn skill tinggi dan sepenuh hati seperti @kamilandini dan @moulysurya,” tulisnya.

Hingga saat ini, hanya Marlina yang sudah tayang di bioskop reguler Tanah Air, lain cerita dari karya Andini The Seen and Unseen yang baru akan menyambut penonton Indonesia pada awal tahun 2018 mendatang.

Penulis: Felix

Editor: Christoforus Ristianto

Sumber: variety.com, antaranews.com, tirto.id, filmex.net, kompas.com, rappler.com, rollingstone.co.id

Foto: Medium (womenandhollywood.com)