“Lady Bird” Drama Komedi Gelap Bergelimang Prestasi

Film panjang pertama garapan sutradara Greta Gerwig, Lady Bird, diperankan oleh pasangan aktris Saoirse Ronan dan Laurie Metcalf, telah mengguncang penonton di Amerika Serikat sejak 3 November lalu.
Share:

SERPONG, ULTIMAGZ.com — Film drama garapan sutradara Greta Gerwig, Lady Bird, telah tayang di bioskop-bioskop Amerika Serikat sejak 3 November lalu. Film yang juga mengikutsertakan aktor nominasi Academy Award, Saoirse Ronan dan Lucas Hedges ini sebenarnya telah melakukan tayangan perdananya pada 1 September di Telluride Film Festival, Amerika Serikat.

Lady Bird menceritakan seorang perempuan bernama Christine McPherson berumur 17 tahun, diperani oleh Saoirse Ronan, yang tinggal di Sacramento, California. Hidupnya dilingkari oleh persahabatan, sekolah, cinta, keluarga, dan drama kebenciannya bersama sang Ibu yang diperankan oleh Laurie Metcalf. Deretan aktor gaek lain yang ikut mendukung di antaranya Timothée Chalamet sebagai Kyle, Lucas Hedges sebagai Danny, Beanie Feldstein sebagai Julie, hingga Tracy Letts sebagai Larry McPherson.

Film yang ditulis sekaligus disutradarai oleh aktris yang pernah masuk nominasi Golden Globe Awards untuk film Frances Ha ini telah menoreh beberapa penghargaan dalam sejumlah ajang, salah satunya ialah Gotham Awards yang dimenangi oleh Saoirse Ronan untuk kategori Aktris Terbaik. Dalam ajang tersebut, Ronan mengalahkan Haley Lu Richardson (Columbus), Melanie Lynkey (I Don’t Feel at Home in This World Anymore), Lois Smith (Marjorie Prime), dan juga Margot Robbie (I, Tonya).

Selain kemenangan Ronan, film yang diproduksi oleh A24 ini juga patut berbangga karena memenangkan tiga penghargaan dalam National Board of Review belum lama ini dengan memboyong sutradara terbaik, aktris pendukung terbaik, dan masuk ke dalam 10 film terbaik.

Meski diawali pada minggu pertama hanya tayang di empat layar bioskop reguler pada waktu rilis resmi (3 November), tetapi  Lady Bird telah bertengger di posisi ke-11 pada tangga box office Hollywood saat ini dengan perolehan USD 10.726.097 dan sebanyak 791 layar tersebar di seluruh wilayah Amerika Serikat.

Penulis: Felix

Editor: Christoforus Ristianto

Sumber: imdb.com, indiewire.com, variety.com, collider.com

Foto: indiewire.com