Akibat Isu Rasial, Oscar Diboikot

Share:

CALIFORNIA, ULTIMAGZ.com — Ajang penganugerahan film Academy Awards atau yang dikenal sebagai Piala Oscar tahun 2016 diboikot karena dianggap “terlalu putih”.  Dari daftar nominasi individual yang dirilis ke publik pada Kamis (14/1) lalu, tidak ada satupun aktris/aktor berkulit hitam di dalamnya.

Nominasi Oscar yang kini didominasi oleh aktor/aktris kulit putih menimbulkan pendapat bahwa ajang penganugerahan bergengsi ini memiliki isu rasial. Sudah dua tahun berturut-turut, Piala Oscar tidak mencantumkan pemeran berkulit hitam maupun kaum minoritas dalam daftar tersebut.

Sutradara Spike Lee adalah orang pertama yang melancarkan gerakan boikot Oscar terkait ketidakadilan dalam isu rasial tersebut. Seperti yang dilansir dari voaindonesia.com, Lee menulis surat terbuka yang ditujukan kepada dewan Academy Awards pada Senin (18/1) silam.

“Bagaimana mungkin untuk dua tahun berturut-turut semua 20 pesaing dalam kategori akting adalah kulit putih?” ungkap Sutradara keturunan Afrika-Amerika ini dalam suratnya.

Kemudian aktris Jada Pinkett Smith juga bergabung dengan Lee dalam aksi boikot ini. Istri dari bintang Hollywood Will Smith ini mengumumkan keputusannya untuk mendukung Lee melalui video yang ia unggah ke Facebook-nya.

Menyusul kritik yang dilayangkan, Academy of Motion Picture and Science (AMPAS) bertindak dengan merombak sistem kepengurusan yang ada. AMPAS berencana untuk membuat keanggotaannya lebih beragam, bukan hanya dari segi ras namun juga dari gender.

“Perubahan yang menyangkut dewan gubernur dan peserta voting ini akan langsung berdampak pada komposisi keanggotaan kami nantinya,” ujar Presiden The Academy Cheryl Boone Isaacs dalam jumpa pers pada Jumat (22/1) lalu.

Bintang film kulit hitam terakhir yang berhasil membawa pulang piala Oscar adalah Lupita Nyong’o  pada tahun 2013. Ia berhasil menyabet piala Oscar untuk aktris pendukung terbaik dalam film layar lebar 12 Years a Slave.

Penulis: Valerie Dante

Editor: Alif Gusti Mahardika

Sumber: voaindonesia.com, republika.co.id, tempo.co, cnnindonesia.com

Foto: hollywoodreporter.com