Diduga Plagiat, Rating “Yong Pal” Menurun

Share:

SERPONG, ULTIMAGZ. com — Drama asal Korea Selatan “Yong Pal” mengalami penurunan rating sejak awal kemunculannya di layar kaca pada 5 Agustus 2015 lalu akibat adanya dugaan plagiat.

Rating yang diperoleh setelah lima episode pertama setiap Rabu dan Kamis waktu Korea Selatan mencapai 20,5 persen dari rata-rata seluruh drama yang tersiar di televisi Korea Selatan. Namun akibat adanya dugaan tersebut, rating “Yong Pal” pun turun menjadi 17 persen.

Seperti dilansir Kapanlagi.com, penurunan rating 3,5 persen ini disebabkan adanya kasus dugaan plagiat yang dilakukan oleh staf Yong Pal. Selanjutnya, pihak drama tersebut pun membantah pemberitaan itu.

Cerita drama “Yong Pal” yang ditulis oleh Jang Hyuk Rin ini menceritakan perjalanan kehidupan seorang dokter ahli bedah bernama Kim Tae Hyun yang tersangkut hutang banyak pada renternir untuk menolong adik perempuannya yang mengidap sakit ginjal akut. Tae Hyun melakukan segala cara untuk mendapatkan uang banyak agar mampu membiayai pengobatan mahal sang adik. Setelah tersangkut beberapa persoalan kriminal, seperti melakukan pratik bayaran di luar rumah sakit untuk para mafia atau menjadi dokter penjilat, Tae Hyun berusaha menembus banyak cara demi mendapatkan uang.

Dalam perjalanannya, Tae Hyun dipertemukan oleh klien misterius yang bernama Han Yeo Jin (Kim Tae Hee). Awalnya, promosi itu hanya sebatas peluang Tae Hyun mendapatkan uang untuk pengobatan adiknya di Amerika. Akan tetapi, kemisteriusan tentang penyakit Han Yeo Jin hingga tak sadarkan diri selama tiga tahun tersebut mulai menghantuinya.

Di tengah penurunan rating “Yong Pal” ini, drama Korea lainnya, yakni “Scholar Who Walks the Nights” yang dibintangi Lee Jun Ki justru mengalami kenaikkan rating 1,2 persen sehingga menjadi 8,0 persen. Drama Korea berjudul “Assembly” juga turut mengalami peningkatan rating. “Assembly” mendapatkan peningkatan 1,2 persen setelah tayang dua episode pada September ini.

Reporter: Annisa Meidiana
Editor: Christoforus Ristianto, Ghina Ghaliya
Foto: Soompi